Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Penghilangan Lilin dalam Membatik disebut

    Selamat datang kembali di website Kami yang menyediakan pembahasan tentang semua jenjang Pendidikan. Pada pertemuan kali ini Admin akan membahas masalah tentang Proses penghilangan lilin dalam membatik disebut


    Sebelum Kita memulai pembahasannya alangkah baiknya Anda membaca mulai dari Pendahuluan, Pembahasan dan Kesimpulan. Supaya informasi yang Anda dapatkan tidak setengah-setengah mari kita simak bersama.

    Proses Penghilangan Lilin dalam Membatik disebut

    Tags : fintech dengan bunga rendah, pinjol paling murah, fintech bunga rendah, pinjol terbaik bunga rendah

    Proses penghilangan lilin dalam membatik dapat dilakukan dengan cara

    Pendahuluan :

    Negara Kita merupakan Negara terbesar nomor 4 dunia dengan jumlah penduduk pada tahun 2021 yaitu 271.349.889 jiwa. Dari sekian banyak penduduk di Indonesia terdapat juga Pulau yang sangat beragam dan mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda di setiap daerah. 


    Sebagai warga negara yang baik kita harus bisa melestarikan kebudayaan yang ada di daerah kita. Minimal Kita harus mengetahui apa jenis budaya di sekitar lingkungan Kita. Misalnya Anda tinggal di Jawa Barat maka Anda harus mengetahui kebudayaan di Jawa Barat apa saja? Salah satu contoh : Pakaian adat jawa barat maka Anda harus mengetahui khas kebudayaan daerah tempat tinggal.


    Banyak sekali macam kebudayaan di Indonesia khususnya Batik. Batik sendiri mempunyai 2 jenis yaitu batik modern dan batik tradisional tidak hanya jenis saja yang berbeda namun dari segi tampilan. Ciri ciri batik modern juga berbeda dengan ciri ciri batik tradisional.


    Batik sendiri berhubungan erat pada waktu perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Kesenian batik sudah cukup lama dikenal mulai dari zaman Kerajaan Majapahit dan Kerajaan sesudahnya. Batik secara umum menyebar luas di Pulau Jawa setelah akhir abad 18 atau awal abad ke 19. Mengenai proses penghilangan lilin langsung saja mari Kita bahas secara lengkap di bawah ini.



    Pembahasan :

    Proses penghilangan lilin dalam membatik disebut nglorot. Banyak sekali rangkaian dalam proses pembuatan batik mulai dari Ngemplong selanjutnya Nyoreek, Mbathek, Nembook, Medel, Ngerokk, Mbironii, Menyoga dan yang terakhir adalah Nglorot.


    Proses penghilangan lilin dalam membatik dapat dilakukan dengan cara merebus kain di masukkan kedalam air yang mendidih dan selanjutnya di bilas menggunakan air dingin dengan maksud untuk menghilangkan malam (lilin yang terdapat pada kain bathik).


    Pada umumnya proses membuat kain batik di setiap daerah sama saja mungkin ada beberapa yang berbeda menurut teknik masing-masing.



    Kesimpulan :

    Jadi, dilihat dari pembahasan yang Kita simak bersama tadi bisa disimpulkan bahwa proses penghilangan lilin dalam membatik dapat dilakukan dengan cara merebus kain di masukkan kedalam air yang mendidih dan di bilas dengan air dingin.


    Proses penghilangan lilin dalam membatik disebut nglorot.


    Demikian pembahasan artikel tentang :

    Proses penghilangan lilin dalam membatik disebut

    Semoga penjelasan ini dapat berguna dan bermanfaat serta menambah wawasan bagi kita semua tentang Kebudayaan di Indonesia. Jika ada pertanyaan atau penjelasan yang kurang lengkap. Anda bisa tinggalkan jejak melalui kolom komentar di bawah ini.


    close