Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan 5 Upaya Pemanfaatan Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian

Jelaskan 5 upaya pemanfaatan laut dalam meningkatkan perekonomian - Indonesia sebagai negara maritim yang sebagian besar Indonesia terdiri dari lautan yaitu 2/3 sedangkan sisanya adalah daratan. Melihat hal itu, Kita harus sama-sama bisa pemanfaatan sumber daya laut dengan baik karena indonesia merupakan negara dengan kekayaan laut.



Kekayaan Laut Indonesia

Ketika mendengar kekayaan laut sudah tidak asing lagi bahwa Indonesia merupakan negara dengan kekayaan laut yg begitu besar. Akan tetapi dengan kekayaan alam di laut di negara Indonesia masyarakat masih banyak yang kurang bisa memanfaatkannya.


Sehingga hal ini membuat negara Indonesia masih tertinggal meskipun memiliki kekayaan laut yang sangat melimpah. Masyarakat beberapa kurang memperhatikan kekayaan yang ada di sekitar. Masih banyak masyarakat yang ingin menangkap ikan menggunakan pukat harimau.


Potensi kekayaan laut Indonesia

Sebenarnya banyak sekali potensi yang ada di alam Indonesia, tetapi kurang adanya struktur pengembangan alam oleh masyarakat yang kurang memanfaatkan peluang tersebut. Jika masyarakat bisa mengolah potensi kekayaan laut Indonesia maka perekonomian akan semakin meningkat.


Jelaskan 5 Upaya Pemanfaatan Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian


Apa saja potensi laut indonesia?

Potensi laut indonesia antara lain :

  1. Penghasil ikan laut, cumi-cumi, udang
  2. Penghasil energi dan juga bahan tambang
  3. Jalur perhubungan laut
  4. Aset pariwisata
  5. Sumber daya alam laut seperti terumbu karang



Berikut penjelasan tentang potensi laut yang Kami sebutkan di atas.


Potensi Kemaritiman Indonesia

  • Pengelolaan Perikanan

Laut Indonesia amat banyak akan tipe ikan. Sebesar 37% tipe ikan yang terdapat di bumi terdapat di laut Indonesia. manajemen perikanan dicoba dengan mengelola alat- alat yang bisa dipakai nelayan buat menjaring ikan, memudahkan ketentuan melaut untuk nelayan, serta mendenda kapal pencuri ikan.


  • Pengelolaan Perhubungan ataupun Transportasi Laut

Indonesia ialah negeri kepulauan akibatnya alat pemindahan laut amatlah berarti. Pengurusan transportasi laut semacam penyediaan kapal, pemeliharaan dermaga ialah teknik buat meingkatkan aksebilitas serta pula keterhubungan antarpulau.


  • Pengelolaan Pariwisata

Bali merupakan salah satu wilayah di Indonesia dengan pengurusan pariwisata laut yang lumayan bagus. Panorama alam laut Indonesia yang bagus serta unik menggambarkan peninggalan pariwisata yang bisa mendatangkan devisa untuk negeri.


  • Pengelolaan Pertambangan dan Energi

Laut Indonesia menaruh kemampuan mineral serta materi tambang yang amat besar. Area pesisir serta bebas tepi laut Indonesia menaruh kemampuan minyak alam serta pula gas alam. Sebaliknya area laut Indonesia amat banyak hendak mineral kencana, timah, batuan besi, perak, serta lain serupanya.


  • Pengelolaan Sumber Energi Alam Laut

Laut Indonesia amat banyak hendak keragaman tipe. Tingkatan keragaman tipe yang besar yang dipunyai Indonesia ialah padang lamun, terumbu karang, hutan mangrove, serta pula rumput laut. Keragaman tipe ini membagikan banyak manfaat untuk Indonesia salah satunya luasnya hutan mangrove bisa melindungi penyeimbang area. 



5 upaya pemanfaatan laut dalam meningkatkan perekonomian.

  1. Mengembangkan cara penangkapan ikan.
  2. Membudidayakan hasil laut seperti kerang dan lainnya.
  3. Pengembangan pariwisata
  4. Pengembangan industri wisata bawah laut
  5. Pengembangan industri garam



Jelaskan 5 upaya pemanfaatan laut dalam meningkatkan perekonomian

  • Mengembangkan cara penangkapan ikan

Wajib terdapatnya peraturan yang jelas untuk penangkap ikan yang memakai cara-cara yang dilarang semacam memakai pukat harimau atau yang yang lain. Perihal ini sebab hendak berakibat pada kelestarian ekosistem laut.


  • Membudidayakan kerang serta hasil lautnya

Para nelayan bisa membuat bendungan ataupun budi energi hasil ikan tangkapannya.


  • Pengembangan pariwisata

bisa jadi destinasi darmawisata dahulu kala yang bisa tingkatkan turis dalam negeri atau global.


  • Pengembangan industri pariwisata dasar laut

Bisa dipakai selaku spot diving untuk para turis yang menginkan memandang kekayaan alam di dasar laut.


  • Pengembangan industri garam

Sebab banyaknya laut di Indonesia, pengembangan pabrik garam pula jadi perihal yang potensial buat dibesarkan, terlebih posisi Indonesia di area yang tropis dengan cahaya matahari yang lebih terasa yang bisa memesatkan cara pabrik garam ini.



Demikian pembahasan artikel kami tentang

Jelaskan 5 upaya pemanfaatan laut dalam meningkatkan perekonomian

Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan selalu menjaga kelestarian alam yang ada di Indonesia.