Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakaian Adat Jawa Barat (Terlengkap)

    Pakaian Adat Jawa Barat - Jawa Barat ataupun biasa diketahui dengan singkatan jabar, ialah salah satu provinsi yang awal kali dibangun pada era kolonial Belanda tahun 1925.


    Tetapi, menurut undang-undang yang sah pada no 11 tahun 1950, provinsi Jawa Barat berdiri pada bertepatan pada 04 juli 1950 dikala itu pusat pemerintahannya terdapat di Bandung.


    Dulu banyak sekali kerajaan- kerajaan yang terdapat di nusantara ini, salah satunya kerajaan yang sempat terdapat di Jawa Barat merupakan Kerajaan Tarumanegara. Prasasti aset Kerajaan Tarumanegara banyak terhambur di Jawa Barat.


    Di Jawa Barat sendiri kerap disebut dengan "Wilayah aturan Sunda" yang mempunyai asal usul jauh dari era ke era. Temuan Arkeologi di anyer membuktikan kalau adat perunggu, metal serta besi telah terdapat saat sebelum era milenial awal. Aset prasejarah semacam beling tanah liat pada era bekasi kuno dapat ditemui dari anyer hingga cirebon.


    Semacam perihalnya aset asal usul terdahulu yang dapat kita nikmati keindahannya, di Jawa Barat sendiri pula mempunyai sebagian tipe pakaian adat.


    Pakaian adat dari Jawa Barat beberapa besar didominasi oleh busana adat dari Kaum Sunda serta memakai Bahasa Sunda, alasannya di Provinsi Jawa Barat ini masyarakatnya berawal dari Kaum Sunda.


    Inilah 7 Pakaian Adat Jawa Barat Yang Amat Terkenal

    Gambar pakaian adat jawa barat


    Semacam halnya dengan era modern ini, kala mendatangi sesuatu kegiatan tentu kita memakai busana spesial yang sesuai cocok dengan aktivitas itu.


    Memakai busana adat pula sedemikian itu, tidak semua orang bisa memakai seluruh tipe busana adat cuma orang khusus saja yang dapat memakaianya.


    Selanjutnya kita merangkum 3 tipe yang melainkan pakaian adat cocok dengan status sosial masing-masing:


    • Busana adat yang dipakai cuma buat para adiwangsa.
    • Busana adat yang dipakai spesial buat kalangan menengah.
    • Busana adat yang dipakai buat rakyat biasa.


    Dari 3 tipe busana adat di atas telah diketahui semenjak warga era dulu apalagi hingga saat ini sedang senantiasa dilestarikan oleh warga pada wilayah itu.


    Selanjutnya beberapa pakaian adat yang berawal dari provinsi Jawa Barat yang wajib kamu tahu:


    1. Kebaya Sunda

    Kebaya Sunda nyaris hampir mirip dengan kebaya yang terdapat dari provinsi Jawa Timur serta provinsi Jawa Tengah, tetapi perbedaannya, terdapat pada wujud bagian lehernya. Jadi bagian bawahnya nampak semacam kain jarik dengan corak batik yang amat beraneka ragam khas dari Jawa Barat.


    Tidak lupa pula mengenakan aksesoris sebagai tambahan semacam gelang, tikam sanggul, giwang, kalung, cincin serta aksesori yang yang lain. Kebaya sunda sama dengan warna yang terang, semacam warna ungu, merah, serta pula kuning.


    Umumnya, kebaya sunda ini ialah pakaian adat yang digunakan oleh orang biasa ataupun kalangan menengah.


    2. Kebaya Pengantin

    Cocok dengan namanya, kebaya mempelai merupakan kebaya yang dipakai buat kegiatan perkawinan. Kebaya mempelai ini mempunyai karakteristik khas tertentu ialah dengan konsep yang modern serta elok.


    Umumnya warna dari kebaya mempelai ini berkuasa cokelat dengan warna yang terang serta anteng. Dari bidang modern ini artinya memodifikasi busana adat kebaya sunda tanpa melenyapkan angka adat yang terdapat didalamnya.


    Pada bagian bawahannya kebaya mempelai memakai kain batik Berkas Lereng Prada, buat bagian atasnya memakai kebaya bercorak putih terang. Busana ini termotivasi oleh pakaian gadis kerajaan Sunda pada era dulu sekali.


    Tidak hanya itu, tidak kurang juga terdapat aksesorisnya semacam gelang, kalung, cincin serta adiratna yang hendak membuat nampak lebih elegan. Pada bagian kepala, terdapat suatu kekuasaan perhiasan yang lazim diucap dengan julukan siger. Aksesori ini melukiskan kebijaksanaan serta martabat untuk para wanita di Sunda.


    Buat pengantin laki- laki memakai suatu jaket buka Prangwedana, dengan warna yang senada ataupun cocok dengan mempelai wanitanya. Anak buah kain batik juga memakai warna yang serupa dengan pengantin perempuan. Konsumsi buat pakaian laki- laki dilengkapi dengan penutup kepala serta dihiasi adiratna dan keris yang disisipkan di bagian pinggang balik.



    3. Mojang Jajaka

    Busana ini umumnya dipakai buat mendatangi kegiatan khusus di provinsi Jawa Barat. Cocok dengan namanya, Mojang Jajaka digunakan oleh para perempuan serta pria. Busana perempuan berbentuk kebaya dengan warna polos yang dipadukan memakai kain berkas dibawahnya. Ikat pinggang serta syal sampur pula turut disertakan selaku aksesorisnya, Dasar kaki yang dipakai pula wajib senada dengan warna ataupun corak bajunya.


    Buat nampak lebih menawan serta mempesona, tidak kurang ingat menggunakan sebagian aksesori bonus semacam cincin, kalung, bros, jarum biku serta perhiasan yang lain cocok dengan hasrat tiap- tiap. Sebaliknya buat mempelai laki- laki berbentuk jaket tertutup selaku atasannya serta celana jauh buat bawahannya, umumnya bercorak hitam. Dapat pula ditambah memakai sepatu biar nampak layak dalam kegiatan resmi.


    Busana ini lebih senang digunakan oleh kanak- kanak belia buat menunjukkan kultur khas spesialnya di Jawa Barat pada warga besar. Dari bidang bentuknya nampak amat fresh serta lebih lemas buat tipe busana adat.


    4. Beskap

    Beskap ialah busana adat yang berawal dari wilayah Jawa Barat yang cuma dipakai pada kegiatan sah saja.


    Beskap memiliki warna yang amat beragam, tetapi umumnya warga sama buat memilah warna gelap polos ataupun warna yang kira- kira sedikit hitam. Busana adat ini umumnya tebal dengan kerah yang besar, pada bagian dasar terdapat bagian serta belakangnya berlainan serta tidak harmonis. Alhasil perihal ini mempermudah buat menaruh keris pada bagian belakangnya.


    Dari bidang pola, beskap dikatakan lumayan istimewa sebab wujud kancingnya yang menyamping. Umumnya beskap jariknya mempunyai corak khas adat Jawa Barat yang dipakai buat menutup kaki.



    5. Menak

    Busana adat yang satu ini umumnya dipunyai oleh para adiwangsa serta banyak orang terkemuka. Telah teruji dari bidang bentuknya yang amat elok serta terkesan amat elegan, lebih menujukkan keglamoran.


    Menak juga tidak kalah menarik, dengan dilengkapi dengan sabuk kencana serta selop bercorak gelap. Buat busana adiwangsa spesialnya wanita memakai kebaya dengan pakaian berbahan beludru yang disulam dengan manik- manik opsi, pastinya hendak lebih banyak aksesorisnya semacam cincin, jarum biku kaitan, bros, tikam sanggul, serta perhiasan dari permata ataupun kencana yang lain.



    6. Bedahan

    Bedahan ialah salah satu pakaian adat yang berawal dari Provinsi Jawa Barat yang pula banyak dipakai oleh golongan kalangan menengah, semacam pekerjaan selaku saudagar ataupun para orang dagang.


    Beberapa barang yang dipakaipun berlainan dengan busana dari orang lazim, mayoritas busana kategori menengah ini diiringi dengan manik- manik dalam konsumsinya. Busana ini pula dipakai oleh sebagaian orang modern. Bentuknya juga nampak lebih elegan.


    Buat perempuan sendiri, memakai busana kebaya yang bercorak lebih terang selaku pimpinan. Sebaliknya pada bagian bawahannya memakai kain batik berkas yang jadi karakteristik khas wilayah Jawa Barat.


    Tidak kurang ingat mengenakan sebagian aksesori antara lain: syal sampur bercorak, sandal tarumpah, beubeur, kalung, gelang, giwang serta anting yang dibuat dari materi perak ataupun kencana.


    Sedangkan buat prianya sendiri, memakai pakaian bedahan bercorak putih ataupun dapat pula jaket bakti selaku atasannya.





    7. Pangsi

    Pangsi busana adat yang satu ini amat sama dengan warga Sunda. Umumnya paksi bercorak serba hitam ataupun gelap polos mulai dari pakaian, gamis sampai celana, serta panjangnya tidak melampaui mata kaki.


    Busana ini amat simpel sekali serta terkesan kumal serta lusuh. Karena, busana ini digunakan oleh pria dari kalangan orang biasa yang mayoritas bekerja selaku pegawai ataupun orang tani.


    Pangsi umumnya disandingkan dengan pakaian baju yang didalamnya bercorak putih, beberapa orang pula bawa sarung durasi menggunakan busana ini.


    Dari bidang konsumsinya paksi dilengkapi dengan penutup kepala yang lazim diucap ikat logen serta dasar kaki yang bernama tarumpah( terompa kayu).


    Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat

    Tiap adat wilayah tentu memiliki karakteristik wilayah tiap- tiap, serupa perihalnya semacam busana adat. Di Provinsi Jawa Barat pula memiliki Karakteristik dalam busana adatnya, Ikuti selanjutnya ini sebagian karakteristik dari busana adat Jawa Barat:

    • Aksesoris penutup kepala untuk pria (Bendo)

    Buat busana pakaian adat jawa barat laki- laki, dilengkapi dengan penutup kepala ataupun lazim diucap dengan parang. Sebaliknya buat busana yang menggunakan jaket taqwa yang dibuat dari materi kain dodot.


    • Aksesoris Ikat Pinggang Untuk Perempuan (Beubeur)

    Didalam menggunakan busana adat adat ataupun pada dikala mengenakan kebaya, mayoritas perempuan Jawa Barat memakai ikat pinggang ataupun lazim diucap dengan Beubeur. Ikat pinggang ini dibuat dari kain berkas, tidak hanya mengenakan Beubeur aksesori yang lain memakai kekuasaan. Akhir rambut dihias dengan diberi bonus bunga di atasnya.


    • Celana Cuma Sampai ke Betis

    Karakteristik lain antara lain dari performa celana lumayan istimewa, sebab panjangnya celana tidak hingga dasar melainkan cuma hingga wilayah betis serta berupa kebesaran. Terdapat pula bonus aksesorisnya ialah ikat pinggang yang dibuat dari materi dasar kulit.


    • Tipe Busana Bersumber pada Status Sosial

    Semacam yang sudah kita jelaskan di dini, tiap wilayah mempunyai karakteristik tertentu. Di Jawa Barat tipe busana adat dibedakan bersumber pada status sosial, perihal ini legal buat seluruh golongan mulai dari kanak- kanak, anak muda, berusia ataupun orang berumur. Adat- istiadat ini sedang senantiasa dilestarikan di wilayah khusus supaya adat kita tidak musnah termakan oleh zaman.


    Kesimpulan dari uraian diatas


    Busana adat yang dipakai di provinsi Jawa Barat membuktikan mengenai status sosial warga dapat diamati dari bidang busana adat yang dikenakan. Oleh sebab itu, tipe busana yang dikenakan nyatanya memiliki angka estetika tersediri.


    Jadi lebih jelasnya buat tipe busana yang dikenakan dari golongan rakyat biasa merupakan kebaya sunda serta paksi berbahan biasa. Sebaliknya buat golongan menengah mengenakan kebaya sunda serta bedahan dengan materi yang lebih baik, serta busana adat adiwangsa dipakai oleh para adiwangsa.



    Begitu uraian kita mengenai :

    Pakaian Adat Jawa Barat

    Mudah- mudahan dapat menaikkan pengetahuan untuk kita semua, serta senantiasa menjunjung besar adat aset wilayah kita masing-masing, serta yang sangat berarti ayo kita bersama melestarikan adat wilayah kita. Sebab itu ialah aset asal usul nenek moyang kita yang jadi karakteristik khas negeri indonesia populer dengan budayanya, janganlah hingga adat kita musnah di negara kita sendiri. 

    close