Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SKHUN adalah Pengertian dan Kepanjangan SKHUN

Setelah melewati ujian nasional terakhir, tentunya kamu akan mendapatkan ijazah. tetapi, biasanya ijazah tidak langsung diterbitkan oleh sekolah setelah melakukan berbagai macam proses. Karena dokumen ijazah sangat penting untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, oleh karena itu dari segi kecocokan data, penulisan dan nilai harus benar-benar valid. Terus bagaimana dong kalau kita mau daftar ke jenjang yang lebih tinggi? sedangkan ijazah keluarnya cukup lama. Tenang, SKHUN menjadi jalan alternatif !!! sebelum membahas lebih lanjut ketahui dahulu apa sih kepanjangan SKHUN, dan apa singkatan skhun itu? mari kita simak di bawah ini.


Apakah benar SKHUN itu sama dengan SHUN?


Iya, Benar. SAMA. SKHUN maupun "Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional" serta SHUN atau "Surat Hasil Ujian Nasional" merupakan Serupa. Namun sebutan yang biasa dipakai merupakan SKHUN.

SKHUN adalah


SKHUN umumnya dikeluarkan oleh sekolah selaku sebelum dikeluarkannya ijazah. SKHUN dipakai buat mendaftar ke tingkatan pembelajaran yang lebih tinggi. Pada SKHUN ada nilai Ujian Nasional serta rekap nilai yang didapat oleh pelajar.


Pada saat kelulusan, pihak sekolah akan menghasilkan SKL( Surat Keterangan Lulus) terlebih dahulu, yang berisikan penjelasan anak didik itu lulus ataupun tidak lulus. Setelah itu sekolah akan mengeluarkan SKHUN yang dipakai buat mendaftar ke tingkatan yang lebih tinggi. Dan buat durasi yang kira- kira lama, sekolah mengeluarkan sertifikat. Sertifikat dikeluarkan oleh Biro Pembelajaran akibatnya menginginkan durasi yang lumayan lama dalam pemberiannya.


SKL ialah kelanjutan dari Pesan Penjelasan Lolos. SKL dikeluarkan oleh sekolah yang berisikan pemberitahuan kalau anak didik itu lolos ataupun tidak lolos sehabis menempuh pembelajaran di sekolah itu. SKL umumnya dikeluarkan berbarengan dengan SKHUN( Pesan Penjelasan Hasil Tes Nasional)


Yang diartikan dengan" duplikat SKL yang telah dilegalisir" merupakan duplikat SKL yang sudah ditandatangani oleh sekolah yang menghasilkan pesan itu.


Metode mendapatkan duplikat SKL yang telah dilegalisir adalah


  • Fotokopilah sebagian lembar SKL yang sudah didapat.

  • Bawalah duplikat SKL ke sekolah yang mengeluarkannya serta setelah itu mintalah legalisasi dari kepala sekolah yang dikala itu lagi memimpin sekolah itu.

  • Pada duplikat SKL yang dilegalisir hendak ada ciri tangan kepala sekolah, stempel sekolah, serta bertepatan pada bila SKL itu dilegalisir.


Umumnya, kala kelulusan, sekolah sudah membagikan sebagian lembar fotokopian SKHUN serta SKL yang sudah dilegalisir buat memudahkan anak didik dalam mencatat ke tahapan yang lebih besar.


SKHUN ialah kelanjutan dari Pesan Penjelasan HASIL Tes NASIONAL. SKHUS merupakan kelanjutan dari Pesan Penjelasan HASIL Tes Sedangkan. Perbedaannya merupakan SKHUS dikeluarkan lebih dahulu bila SKHUN belum berakhir diproses oleh pihak sekolah serta registrasi sekolah terkini sudah diawali.


Perbandingan yang lain merupakan SKHUS diterbitkan oleh pihak sekolah, sebaliknya SKHUN diterbitkan oleh biro pembelajaran. Tujuan dari SKHUS atau SKHUN merupakan buat melaporkan kelulusan anak didik serta pemberitahuan angka UN yang sudah digapai.


SKHUS dikeluarkan terlebih dahulu karena anak didik membutuhkannya buat registrasi sekolah terkini( umumnya sekolah swasta mengawali registrasi terlebih dahulu) namun SKHUN belum dibagikan oleh pihak sekolah.


Bentuk pada SKHUS serupa semacam bentuk SKHUN namun wujudnya cuma selembar kertas yang dicetak oleh pihak sekolah.


SKHUN yang asli nanti hendak digabungkan kala catatan balik, bersama duplikat sertifikat.


No seri SKHUS terdapat di bagian dasar catatan Pesan Penjelasan HASIL Tes Sedangkan. Sebab SKHUS dikeluarkan oleh sekolah, no serinya terdapat di dasar kepala karangan. Berlainan dengan SKHUN yang no serinya terdapat di bagian dasar tengah dari akta.


Umumnya SKHUS dikeluarkan oleh sekolah sebab SKHUN belum bisa diterbitkan sementara itu era registrasi sekolah nyaris berakhir. Angka dari SKHUN diumumkan 2 hari saat sebelum pemberitahuan kelulusan, yang setelah itu pihak sekolah melangsungkan rapat kelulusan dengan ulasan apakah angka siswa- siswanya menggapai KKM UN ataupun tidak.


Publikasi sertifikat serta SKHUN terkait pada wilayah tiap- tiap. Bila sertifikat yang asli belum keluar, hingga Pesan Penjelasan Lolos dari pihak sekolah bisa dipakai buat mencatat sekolah. Bila SKHUN asli belum keluar, hingga sekolah hendak menghasilkan SKHUS.


Cara melihat Nomor SKHUN atau Nomor seri SKHUN


  • No sertifikat serta SKHUN terdapat di dasar tengah dari akta, serta dimulai dengan DN-[angka isyarat provinsi]-[kode tahapan pendidikan]-[tujuh digit no seri]


Kesimpulan :


SKHUN adalah sebuah dokumen yang bersifat hanya sementara sebagai pengganti ijazah karena belum terbit biasanya lumayan lama, kepanjangan SKHUN sendiri Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional. Dokumen sementara atau SKHUN diterbitkan agar memudahkan siswa dalam melengkapi dokumen yang menjadi salah satu persyaratan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan penjelasan tentang :

SKHUN adalah


Semoga bermnafaat
close