Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lagu suwe ora jamu berasal dari daerah

Lagu suwe ora jamu berasal dari daerah


Lagu suwe ora jamu berasal dari daerah - Indonesia merupakan negara yang sangat melimpah akan sumber daya alamnya, tidak hanya itu Indonesia juga banyak memiliki keanekaragaman budaya yang sangat kental. Setiap daerah mempunyai keunikan daerah masing-masing mulai dari pakaian adat jawa barat, jawa timur maupun jawa tengah.


Kita sebagai warga negara yang baik harus selalu menghormati budaya di setiap daerah masing-masing, yang paling terpenting kita harus tetap melestarikan budaya peninggalan nenek moyang kita.


Dalam generasi saat ini banyak anak muda yang lupa dengan adat kebudayaan terdahulu, oleh karena itu Admin akan membahas asal usul dan lirik lagu suwe ora jamu. Sebelum kita bahas materi ini sebaiknya Anda harus mengikuti atau membaca mulai dari Pendahuluan, Pembahasan dan Kesimpulan agar informasi yang Anda peroleh tidak setengah-setengah langsung saja kita simak bersama.


Pendahuluan :

Indonesia sendiri mempunyai beragam budaya dan lagu daerah. Seharusnya para pemuda saat ini minimal harus menghafal lagu khas daerah masing-masing, tidak etis bukan jika lagu tempat daerahnya sendiri tidak mengetahui?


Pembahasan :

Lagu suwe ora jamu berasal dari daerah

Lagu suwe ora jamu berasal dari daerah Jawa yang di mana pertama kali diciptakan oleh R.C Hardjosubroto. Suwe ora jamu berasal dari Provinsi Jawa Tengah yang tepatnya di Daerah Yogyakarta (DIY). Lagu yang satu ini merupakan salah satu lagu daerah yang sangat populer khususnya di tanah Jawa. Liriknya menggunakan Bahasa Jawa ragam ngoko serta rima berpeluk.


Lirik lagu suwe ora jamu

Suwe ora jamu

Jamu godhong telo.

Suwe ora ketemuu.

Ketemu pisan gawe gelo.


Suwé ora jamu

Jamu sogo thunténg

Suwé ora ketemuu

Temu pisan atine séneng


Suwé ora jamu

Jamu godhong bunder

Suwé ora kétemu

Temu pisan tambah pinter



Didalam kalimat maupun lirik lagu suwe ora jamu dapat dijadikan sebagai nilai moral bagi pembaca, lagu ini sangat kental dari dari segi bahasa jawanya. 

Sebenarnya lagu ini mempunyai makna tersirat di dalamnya, yang bermaksud untuk memberikan motivasi kepada semua orang yang memiliki mimpi di dalam jiwanya. 

Tetapi terkadang ada beberapa orang tidak menyadari tentang masa depan yang lebih baik dan tidak termotivasi untuk meraih sesuatu yang diinginkannya dengan baik.



Kesimpulan :

Jadi, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa lagu suwe ora jamu berasal dari Jawa Tengah yang tepatnya di daerah Yogyakarta.



Demikian pembahasan artikel Kami tentang 

Suwe ora jamu berasal dari

Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi Kita semua dan menambah motivasi bagi kehidupan kita dan senantiasa melestarikan budaya daerah masing-masing. Terima kasih telah mengunjungi web Kami. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya.