Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menurunkan Diabetes Secara Alami

Cara Menurunkan Diabetes Secara Alami - Jika Anda hidup dengan diabetes, Anda mungkin sadar bahwa Anda memiliki peluang lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular (CV) – juga dikenal sebagai penyakit jantung. Tetapi yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa Anda dapat menurunkan risiko ini secara signifikan dengan membuat perubahan tertentu pada rutinitas sehari-hari Anda.


Siapa yang sih, yang tidak ingin sehat? Pasti semua orang mempunyai keinginan agar keluarga dan dirinya sehat tanpa mempunyai penyakit yang serius. Oleh karena itu pentingnya kita menjaga pola makanan sehat, agar terhindar dari segala macam penyakit yang berbahaya.


Di bawah ini adalah lima perubahan gaya hidup penting yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan gula darah alami dan menurunkan risiko penyakit jantung.


Cara Menurunkan Diabetes

1. Makan sehat

Salah satu perubahan gaya hidup terpenting yang bisa Anda lakukan untuk mengatur diabetes dan menurunkan risiko penyakit jantung adalah dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat.

Bila memungkinkan, pilih makanan yang rendah sodium, lemak trans, dan lemak jenuh. Pilih biji-bijian utuh di atas roti putih, ayam atau ikan tanpa kulit di atas daging merah, dan produk susu rendah lemak di atas susu murni atau keju biasa.

Pastikan bahwa setiap makanan Anda mengandung campuran pati, buah-buahan, sayuran, protein, dan lemak yang seimbang. Secara umum, cobalah untuk menghentikan mengonsumsi minuman manis seperti soda dan juz, kecuali jika Anda menggunakannya sebagai cara untuk meningkatkan kadar gula darah rendah.


2. Tetap aktif

Berolahraga adalah cara yang bagus untuk membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Sebagai bonus, itu dapat meningkatkan rasa kesejahteraan pada diri Anda.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan agar orang dewasa menghabiskan setidaknya dua jam dan 30 menit per minggu untuk berpartisipasi dalam latihan aerobik intensitas sedang. Ini bisa berupa apa saja, mulai dari jalan cepat hingga bersepeda di sekitar lingkungan. Itu merupakan salah satu cara menyembuhkan diabetes.

Jika Anda ingin latihan yang cukup menguras tenaga, Anda bisa melakukan gerakan aerobik dengan intensitas yang tinggi selama 1 jam 30 menit. Beberapa contoh aerobik intensitas tinggi termasuk joging, berenang, dan mendaki bukit.

Anda mungkin juga ingin mencoba aktivitas penguatan otot yang melatih lengan, kaki, pinggul, dada, bahu, perut, dan punggung Anda. CDC merekomendasikan setidaknya dua hari berturut-turut dari jenis kegiatan ini dalam seminggu.


3. Mengelola tingkat stres Anda

Tingkat stres yang tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan peningkatan tekanan darah. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan arteri Anda. Jika Anda merasa sedikit stres atau sering merasa cemas pada sesuatu hal yang akan terjadi, ada banyak teknik relaksasi yang dapat Anda gunakan untuk menenangkan diri. Berikut adalah uraian singkat dari latihan pernafasan sederhana, yang dikenal sebagai metode 4-7-8:

  • Buang napas sepenuhnya melalui mulut Anda.
  • Tarik napas melalui hidung selama empat detik.
  • Tahan napas Anda selama tujuh detik.
  • Buang napas sepenuhnya melalui mulut Anda selama delapan detik.
  • Ulangi siklus ini tiga kali lagi.
Teknik relaksasi seperti ini dapat menurunkan tekanan darah Anda. Mereka juga dapat membantu menjaga kadar gula darah normal dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Dokter Anda dapat membantu Anda mengetahui teknik relaksasi mana yang paling cocok untuk Anda.


4. Ambil langkah-langkah untuk berhenti merokok

Bukan rahasia lagi bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan Anda dan juga dapat berdampak serius pada kesehatan orang-orang di sekitar Anda. Tetapi jika Anda menderita diabetes, risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh merokok secara signifikan akan lebih besar.

Asap rokok menyebabkan kerusakan besar pada jantung dan sekitar pembuluh darah, dan dapat meningkatkan peluang Anda terkena penyakit ginjal, masalah penglihatan, dan kerusakan saraf. Ini juga dapat menyebabkan aliran darah yang buruk di kaki dan kaki Anda.

Bahkan jika Anda sudah menjadi perokok selama bertahun-tahun, tidak ada kata terlambat untuk berhenti. Bicaralah dengan dokter Anda tentang strategi berhenti mana yang paling cocok untuk Anda.

Cara Menurunkan Diabetes Secara Alami
Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi



5. Lakukan pemeriksaan secara rutin

Tidak peduli seberapa sehat Anda merasa, sering melakukan pemeriksaan dan diskusi dengan dokter Anda adalah kuncinya. Pada setiap kunjungan kesehatan rutin, dokter Anda harus memeriksa tekanan darah dan gula darah Anda. Mereka kemungkinan akan memeriksa kolesterol Anda setiap 6 hingga 12 bulan.

Anda harus merasa nyaman berbicara dengan dokter Anda tentang diet dan gaya hidup Anda. Ingatlah bahwa dokter Anda tidak ada di sana untuk menghakimi Anda. Misalnya anda mengalami masalah dengan kadar gula, nah Anda harus tanyakan bagaimana cara menurunkan kadar gula. Semakin jujur ​​Anda tentang masalah kesehatan atau kekhawatiran yang mungkin Anda alami, semakin mudah untuk mengobatinya.

Sebenarnya ada banyak sekali cara menurunkan diabetes dengan cepat, mulai dari mengonsumsi suplemen untuk menurunkan gula darah maupun buah penurun gula darah atau jus penurun gula darah seperti jus nanas dan jus jeruk.

Kesimpulan : 
Dengan mengadopsi dan mempertahankan perubahan gaya hidup ini, Anda akan mengambil langkah besar untuk men diabetes Anda dan mengurangi risiko penyakit jantung. Ini mungkin tidak selalu mudah, tetapi dengan bantuan tim kesehatan Anda dan dukungan dari teman dan keluarga Anda, Anda dapat mewujudkannya.


Demikian Artikel tentang : 

Cara Alami Menurunkan Gula Darah


Semoga Bermanfaat bagi kita semua
close