Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang dimaksud dengan makanan bergizi seimbang

Apa yang dimaksud dengan makanan bergizi seimbang, agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit maka pola makanan yang kita konsumsi harus ditingkatkan khususnya mengarah ke makanan yang bergizi seimbang.

Jika tubuh memiliki gizi yang baik maka penyakit tidak akan masuk kedalam tubuh kita kecil kemungkinan kita terjangkit sebuah penyakit, karena metabolisme pertahanan tubuh kita sangat kuat.

Pada musim pandemi saat ini kita sangat membutuhkan nutrisi-nutrisi untuk mempertebal pertahanan tentara imun di dalam tubuh kita, memperbanyak Vitamin C sangat penting untuk menangkal atau mencgah berkembangnya penyakit virus COVID-19 ini.


apa yang dimaksud dengan makanan bergizi seimbang





Kembali lagi ke topik utama yaitu Apa sih yang dimaksud dengan makanan bergizi seimbang itu?


Makanan bergizi seimbang adalah kumpulan  sumber makanan sehari-hari yang didalamnya mengandung zat gizi dalam jumlah dan jenis sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh, yang diperhatikan dengan ukuran makanan, porsi yang teratur, sesuai aktivitas fisik dan berat badan.


Baca Juga : Jelaskan yang dimaksud dengan pola makan sehat


Prinsip makanan bergizi seimbang ada 3 antara lain :

Prinsip Gizi Seimbang

  • Membiasakan perilaku hidup yang selalu bersih

Menerapkan budaya perilaku bersih merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghindari seseorang dari terpaparnya sumber penyakit. Jika seseorang tersebut menderita penyakit infeksi mereka akan mengalami penurunan pada nafsu makan sehingga asupan jumlah makanan dan gizi yang mereka peroleh untuk disalurkan ke tubuh tidak mencukupi.

Oleh karena itu, tubuh membutuhkan zat gizi yang lebih banyak pada saat keadaan terkena infeksi. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh agar infeksi cepat teratasi dengan baik.

Demikian juga sebaliknya, jika seseorang kurang mengonsumi gizi yang diperlukan oleh tubuh maka besar kemungkinan tubuh akan mudah terkena penyakit infeksi. Pada saat keadaan seperti ini nafsu makan akan menurun dan pastinya daya tahan seseorang juga ikut menurun. Sehingga berbagai penyakit bisa mudah masuk dan berkembang.

  • Memantau berat badan secara teratur ( BB) menjaga tetap ideal

Bagi kalangan dewasa salah satu indikator yang memperlihatkan bahwa mereka sudah mendapatkan keseimbangan zat gizi di dalam tubuh adalah sudah tercapainya berat badan yang ideal artinya mempunyai berat badan yang sesuai dengan tingginya.

Melihat tolak ukur dalam memantau perkembangan berat badan yang  ideal merupakan bagian dari pola hidup yang gizi yang seimbang.


  • Mengonsumsi aneka ragam makanan

Aneka ragam makanan adalah aneka ragam makanan yang mencangkup beberapa kelompok antara lain : makanan pokok, berbagai sayuran, lauk pauk dan buah-buahan . 

Yang dimaksud dengan aneka ragam makanan merupakan berbagai jenis proporsi makanan yang seimbang, dalam jumlah yang cukup tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Dilakukan secara teratur dan memperhitungkan proporsi setiap kelompok pangan sesuai dengan kebutuhannya.


Terimakasih telah membaca penjelasan dan pembahasan tentang :

Apa yang dimaksud dengan makanan bergizi seimbang

Semoga artikel ini bermanfaat dan semua diberi kesehatan Amin.