Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Pola Makan Sehat

    Pola Makan Sehat dan Gizi Seimbang

    Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Pola Makan Sehat?

    Pola makan sehat adalah pola makan yang seimbang dan memenuhi semua gizi yang diperlukan dalam tubuh, terutama 4 sehat 5 sempurna. 

    Dimulai sejak dini kita harus membiasakan untuk menjaga pola makan kita, khususnya para bunda-bunda dirumah sangat penting sekali memperhatikan pola makanan kepada anak.

    Agar kelak semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa mencukupi dengan baik. Tidak dipungkiri, pola makan yang salah atau tidak teratur bisa menyebabkan terjadinya penyakit-penyakit berbahaya yang masuk pada tubuh kita.

    Penyakit berbahaya seperti : Penyakit diabetes, jantung, bahkan kanker yang sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya.

    Atas dasar demikian, bagi bunda dan keluarga terutama buah hati anda yang ingin panjang umur dan bahagia hingga akhir massa mulailah menjaga pola makan yang sehat sejak saat ini.

    Berikut akan sedikit kami ulas bagaimana sih tentang pola makan sehat,
    Langsung simak di bawah ini ya.


    Tips untuk Memulai Pola Makan Sehat

    Pola Makan Sehat
    Foto Sumber : detik.com

    Bisa dikatakan memiliki pola makan yang sehat jika mengkonsumsi sehari-hari sudah terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, air dan mineral.

    Berikut antara lain Tips untuk menjaga Pola Makan Sehat :
    • Hindari Makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi
    Lantas artinya tidak baik mengkonsumsi lemak untuk tubuh kita jadinya? Tidak juga. Manusia tetap membutuhkan lemak, namun jumlah lemak yang masuk kedalam tubuh tidak terlalu banyak dan harus berasal dari sumber yang alami.

    Lemak seperti apa yang tidak baik bagi tubuh? Seperti : Gorengan dan asupan yang banyak mengandung santan. Jadi, daripada mengkonsumsi Gorengan lebih baik diganti dengan lemak yang alami contohnya : kacang-kacangan atau biji-bijian.

    • Jauhi Makanan yang mengandung bahan pengawet
    Makanan yang mengandung bahan pengawet bisa memicu efek jangka panjang berupa kemunculan penyakit kanker, Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa makanan mengandung pengawet resiko sangat besar meski tidak langsung memberikan efek pada saat mengkonsumsinya.

    Bahan pengawet ini dapat ditemukan dalam kemasan makanan termasuk makanan berupa kalengan. Kalaupun anda terpaksa membeli makanan dalam kemasan, pilihlah yang di kemasan ada label "Tanpa Bahan Pengawet".

    • Kurangi memakai Bumbu-bumbu Penyedap Secara Berlebihan
    Siapa yang tidak kenal dengan monosodium glutamat (MSG) Atau biasa disebut dengan Micin. Menurut beberapa penelitian mengkonsumsi MSG secara berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh dan dikaitkan dengan masalah kesehatan, Jadi gimana kan kurang sedap jika tidak memakai Penyedap Rasa? Boleh memakai bumbu penyedap asal jangan terlalu berlebihan.

    • Perbanyak Makan Buah-buahan dan Sayur-sayuran
    Didalam buah dan sayur banyak mengandung serat yang mampu mengikat zat karsinogen yang merupakan salah satu penyebab penyakit kanker.

    Namun, bukan berarti semua buah itu menyehatkan. Buah yang sebaiknya anda hindari adalah durian, karena mengandung banyak lemak yang sangat tinggi.

    Hal yang perlu diingat, cucilah buah dan sayur anda sampai bersih sebelum di makan untuk menghindari kontaminasi bakteri dan residu pestisida.

    • Makan tepat pada waktunya
    Biasakan anda makan di waktu yang sama setiap harinya. Dengan ini, sistem pencernaan anda akan lebih teratur untuk memproses makanan yang masuk ke dalam tubuh sehinggan tidak menumpuk.

    • Minum air putih yang banyak
    Untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh, air putih adalah asupan yang paling baik dan sangat penting. Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari cairan, jika kekurangan cairan, kinerja organ vital akan terganggu.


    Berikut informasi yang dapat kami berikan semoga bermanfaat bagi kita semua. :)

    Terimakasih telah membaca artikel kami yang membahas tentang :

    Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Pola Makan Sehat?

    close