Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Politik Islam, Sejarah dan Tujuan Politik Islam

Pengertian Politik Islam - Islam merupakan agama mayoritas yang ada di indonesia, bahkan terbilang yang paling besar dan banyak berada di indonesia. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas suatu pembahasan yang tentunya sangat menarik pastinya, tentang politik islam. Jabarannya pengertian politik islam, sejarah politik islam dan tujuan politik islam. 


Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, mengartikan bahwa kata politik sebagai segala sesuatu urusan atau sebuah tindakan (kebijakan, siasat dan sebagainya) mengenai pemerintahan Negara atau terhadap Negara lain. Juga dalam arti kebijakan, cara bertindak (dalam menghadapi atau mengenai sesuatu masalah).


Imam Ghazali mendeskripsikan politik selaku kegiatan untuk membenarkan penduduk serta memberikan pentujuk pada mereka mengenai jalur yang sesuai serta bisa melindungi mereka di bumi serta akhirat. 


Politik merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan untuk mencapai suatu kesejahteraan. Pada dasarnya, ketika ingin menerapkan suatu kebijakan, itu dilandasi oleh politik itu sendiri. Kenapa demikian? Karena politik memiliki kaitan yang erat dengan kekuasaan. Mustahil seseorang bisa membuat suatu kebijakan dalam suatu wilayah apabila tidak memiliki kekuasaan serta wewenang. Sebab itu, untuk membuat masyarakat yang baik sesuai dengan ketentuan normatif dalam Islam itu sendiri, diperlukan sebuah kekuasaan politik. 


Kalau kita cermati dalam Islam; Q.S Al-Maidah ayat 51 dianjurkan untuk memilih pemimpin yang seiman, sebab yang seiman sudah barang tentu memiliki pemahaman dengan konteks Islam, berbeda dengan yang tidak seiman, yang bisa dikatakan tidak memiliki pemahaman ajaran Islam karena beda keyakinan. 


Namun, bukan berarti tafsir ayat tersebut mengajak kebencian pada saudara yang tidak seiman, itu hanya dalam konteks memilih pemimpin di golongan umat Islam. Untuk lebih jelasnya tentang konsep politik silahkan sobat baca di sini pengertian politik


Pengertian Politik Islam

Pengertian Politik Islam
Pengertian Politik Islam, Sejarah dan Tujuan Politik Islam


Politik Islam adalah tindakan-tindakan yang dilakukan melalui wadah politik yang memiliki tujuan untuk memperbaiki umat Islam. 

 

Agama Islam bukan hanya sekedar tentang aturan-aturan hukum Islam dan ritual saja, akan tetapi juga menyangkut tentang persoalan hidup, seperti keadilan dan prinsip-prinsip agama Islam yang harus diterapkan sebagaimana mestinya. Sebab itu, politik Islam juga dapat diartikan cara-cara yang dilakukan sebagai manifestasi ajaran agama Islam kepada manusia. 


Dengan demikian, untuk mewujudkan hal tersebut perlu dilakukan suatu cara yang strategis dan ideal, yaitu berpartisi dengan politik itu sendiri, atau memiliki kekuasaan dan wewenang sehingga bisa membuat sebuah kebijakan yang baik. 


Sejarah Politik Islam

Pada dasarnya, perkembangan Islam tidak terlepas dari politik. Islam mulai terlihat dalam politik sejak Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah pada tahun 1 H bertepatan dengan tahun 622 Masehi. Pemerintahan Nabi Muhammad SAW hanya bertahan 11 tahun, sebab Rasulullah wafat pada tahun 11 H. Luas pemerintahan Rasulullah saat itu meliputi semenanjung Arabia. Pada abad ke- 8 dan 9 Masehi wiyalah itu melebar ke Maroko, Spanyol, hingga India. 


Tujuan Politik Islam

Tujuan politik Islam adalah untuk memperbaiki umat Islam, dengan cara membuat suatu sistem ketatanegaraan yang berlandaskan dengan syari'ah Islam. Sehingga dapat menangani urusan manusia dengan tuntutan-tuntutan yang sesuai dengan syari'ah Islam.


Demikian penjelasan tentang

Pengertian Politik Islam, Sejarah dan Tujuan Politik Islam

Semoga bermanfaat.

close