Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Pihak-pihak yang Berkepentingan dalam Laporan Keuangan

    Sebutkan Pihak-pihak yang Berkepentingan dalam Laporan Keuangan
    Laporan keuangan pada dasarnya memang hanya digunakan dan dibutuhkan oleh beberapa pihak yang berkepentingan, tidak hanya berguna untuk perusahaan atau bisnis.

    Berikut laporan keuangan sangat dibutuhkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan, seperti:

    1. Pihak Pemberi pinjaman atau kreditor

    Pihak yang meminjamkan tambahan modal atau kreditor membutuhkan laporan keuangan untuk mengambil informasi tetang kondisi keuangan perusahaan sebagai bahan acuan untuk menolat atau menyetujui pinjaman yang diajukan.

    1. Pihak Pemasok atau Supplier

    Pihak pemasok atau supplier membutuhkan laporan keuangan perusahaan, terutama disaat membeli barang dengan sistem kredit atau tidak langsung dibayar tunai.

    Informasi keuangan digunakan oleh pihak pemasok atau supplier untuk mengambil keputusan apakah perusahaan memiliki kemampuan membayar tagihan sesuai nominal yang tertera atau tidak.


    Baca Juga : Kegunaan Informasi Akuntansi

    1. Pihak Manajemen Perusahaan

    Pihak manajemen industri mengggunakan informasi keuangan sebagai wujud pertanggungjawaban mereka pada owner industri atas kemampuan mereka sepanjang mereka bertugas diperusahaan itu. Bila informasi finansial mereka baik, maksudnya kemampuan mereka juga baik. Tetapi, pihak manajemen tidak diperkenankan melaksanakan window dressing ataupun mempercantik informasi finansial dengan memalsukan informasi. 

    1. Pihak Investor atau Penanam Modal

    Pihak investor atau penanam modal membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui apakah modal yang ditanam dimanfaatkan dengan baik, dan juga dijadikan sebagai bahan acuan sebelum melakukan investasi atau penanam modal pada perusahaan tersebut.

    1. Pihak Pemerintah bagian Pajak

    Pihak pemerintah terutama bagian yang mengurus pajak membutuhkan laporan keuangan untuk membayarkan kewajiban pajak sesuai dengan angka yang tertulis pada laporan keuangan perusahaan.

    1. Pihak Pelanggan Terikat Perjanjian Kerjasama

    Pihak pelanggan yang terikat perjanjian kerja sama membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui kelangsungan bisnis dalam jangka panjang, yang menunjukkan riwayat bisnis untuk menyakinkan pelanggan untuk mengambil kesepakatan kerjasama.

    1. Pihak Karyawan atau Pekerja

    Pegawai memerlukan data informasi keuangan buat memperhitungkan situasi industri. Andaikan industri terletak dalam keadaan bagus, pegawai dapat bertugas dengan damai. Mereka juga dapat memohon konpensasi lebih pada industri bila perkembangan industri tidak diiringi dengan bertambahnya imbalan pegawai. Tetapi, apabila industri tampak berada dalam situasi tidak bagus, pegawai dapat memulai untuk mencari profesi baru. 

    1. Pihak Masyarakat Secara Umum

    Pihak masyarakat membutuhkan laporan keuangan untuk dijadikan keuntungan perusahaan dengan cara masyarakat menyediakan info atau tren perkembangan terakhir tentang rangkaian aktivitas perusahaan.


    Kesimpulan : 

    Kita seluruhnya bisa menjadi pihak- pihak yang bersangkutan terkait dengan laporan keuangan. Apa yang diartikan dengan pihak- pihak yang bersangkutan serta siapa saja mereka? Pihak- pihak bersangkutan kepada informasi finansial merupakan siapapun yang menginginkan informasi finansial yang terhidang pada informasi finansial buat mengutip ketetapan. 

    Demikian pembahasan artikel kami tentang : 

    Sebutkan Pihak-pihak yang Berkepentingan dalam Laporan Keuangan

    Semoga dapat membantu dan bermanfaat terima kasih.
    Choirul Umam
    Choirul Umam Penulis, Konten Kreator, Desainer Grafis, Editor Foto dan Video
    close