Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan Informasi Akuntansi Bagi Investor dan Kreditur adalah?

    Kegunaan Informasi Akuntansi Bagi Investor dan Kreditur adalah?
    Kegunaan informasi akuntansi bagi investor adalah untuk keamanan pelaksanaan investasinya serta kemampuan perusahaan yang akan di investasi, untuk membantu menentukan apakah harus membeli atau menjual investasi tersebut.

    Berikut merupakan pihak-pihak yang memerlukan informasi akuntansi diantaranya sebagai berikut : 
    • Pihak Internal atau Pimpinan suatu Perusahaan (Manajer)
    Bagi seorang manajer, informasi akuntansi merupakan salah satu yang wajib diketahui. Karena berguna untuk menyusun sebuah perencanaan dan pengawasan terhadap operasional perusahaan, serta dapat mengevaluasi kemajuan usaha yang telah dicapai dan melakukan tindakan koreksi.
    • Pihak Eksternal Perusahaan
    Selain dari internal perusahaan, masih terdapat pihak-pihak luar perusahaan yang membutuhkan informasi akuntansi.

    Berikut merupakan pihak-pihak eksternal yang membutuhkan informasi akuntansi :

    • Investor maupun calon investor

    Dengan cara penanaman modal dalam suatu perusahaan dengan harapan mendapatkan laba, para investor maupun calon investor perlu memerlukan informasi akuntansi untuk menganalisa apakah harus membeli atau menjual investasi tersebut. 

    • Karyawan

    Sebagai karyawan perusahaan mereka juga perlu membutuhkan informasi akuntansi untuk mengetahui profitabilitas dan stabilitas pada suatu perusahaan tersebut. Sehingga para karyawan dapat menilai perusahaan dalam memberikan upah (gaji), manfaat pensiun dan kebutuhan tenaga kerja.

    • Pemberi Pinjaman Bank

    Bank hanya bersedia memberikan kreditnya kepada suatu perusahaan yang dari segi ekonomi mampu mengembalikan atau dapat mengangsur pinjaman beserta bunganya jika telah tiba waktu jatuh tempo.

    • Masyarakat

    Suatu perusahaan dapat mempengaruhi masyarakat dengan segala cara, salah satunya perusahaan dapat memberikan kontribusi pada perekonomian nasional. Termasuk orang yang telah dipekerjakan kepada penanam modal.

    Investor daily indonesia

    Investor adalah perorangan atau sebuah badan yang mereka menanam modal pada suatu perusahaan. Tujuan para investor menanam modal di perusahaan adalah untuk memperoleh return (tingkat pengembalian) dengan resiko tertentu yang disepakati dari awal.

    Kegunaan informasi akuntansi bagi kreditur adalah untuk membantu memutuskan apakah jumlah yang terutang akan dibayar pada saat jatuh temponya.

    Kreditur usaha sangat berkepentingan pada perusahaan dalam tenggang waktu yang lebih pendek daripada pemberi pinjaman, kecuali jika sebagai pelanggan utama mereka tergantung pada kelangsungan hidup perusahaan.

    Terima kasih telah mengunjungi website kami tentang :
    Manfaat informasi akuntansi bagi pemerintah dan kegunaan informasi akuntansi bagi bank
    Choirul Umam
    Choirul Umam Penulis, Konten Kreator, Desainer Grafis, Editor Foto dan Video
    close