Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motto Dari Universitas Brawijaya Adalah

Motto Dari Universitas Brawijaya Adalah


Motto Dari Universitas Brawijaya Adalah - Nama Universitas Brawijaya diberikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui surat kawat (telegram) nomor 258/K/61 tanggal 11 Juli 1961. Nama ini berasal dari gelar raja-raja Majapahit yang merupakan kerajaan besar di Indonesia pada abad 12 sampai 15.


Universitas Brawijaya dinegerikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 196 tahun 1963 dan berlaku sejak 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir (Dies Natalis) Universitas Brawijaya.


Motto Universitas Brawijaya “Building Up Noble Future”. Penulisan motto UB memilik makna "Membangun kemuliaan masa depan".


Universitas Brawijaya (biasa disingkat UNBRA, UNIBRAW, atau singkatan resmi UB). UB merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang didirikan di kota Malang pada tahun 1963. Universitas ini didirikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi No. 1 tanggal 5 Januari 1963.


Kemudian Perintah Eksekutif No. 196 Tahun 1963. Tanggal 5 Januari merupakan hari lahir Universitas Brawijaya. Pendaftaran siswa saat ini lebih dari 55.000 dengan beragam latar belakang mulai dari  program diploma, sarjana, magister dan doktoral hingga program khusus yang mencakup 15 fakultas dan dua program  pendidikan yang setara.


Sebelumnya, Universitas Brawijaya dikenal masyarakat umum dengan singkatan UNBRA dan kemudian UNIBRAW. Pada rapat Senat Universitas Brawijaya tanggal 17 Maret 2008, UB ditetapkan sebagai singkatan resmi dari Universitas Brawijaya.


Lagu Hymne Brawijaya diciptakan oleh seorang mahasiswa FKHP bernama Yanardhana pada tahun 1963, sedangkan Mars Universitas Brawijaya diciptakan oleh Lilik Sugiarto tahun 1996. Kedua lagu ini masih digunakan sampai sekarang.


Visi

Menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


MISI

Menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional agar peserta didik menjadi manusia yang berkemampuan akademik dan atau profesi atau vokasi yang berkualitas dan berkepribadian serta berjiwa dan/atau berkemampuan entrepreneur

Melakukan pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni, serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional


Makna Lambang Universitas Brawijaya

Lambang UB berupa gambar segi lima terdapat di gamabr Radenwijaya (Prabu Brawijaya) berwarna  kuning emas. Hal itu merupakan penjelmaan Dewa Wisnu yang memegang lampu, sangkhala, gada dan cakra, dan memakai mahkota Candra Kapala. Di samping kiri dan kanan terdapat sepasang Dewa Perwala sebagai pengikut raja, dengan warna dasar biru dan bersinar dari pusat.


Makna UB memiliki sebagai berikut

Segilima berarti Pancasila sebagai falsafah nasional.

Raden Wijaya (Prabhu Brawijaya) memiliki jiwa kepeloporan, artinya kebijaksanaan dan kemuliaan, serta merupakan lambang persatuan nusantara dan kemakmuran umat.

Biru cerah berarti universal.

Mahkota Candrakapala berarti dengan berani mengungkapkan segala sesuatu yang tidak wajar atau tidak benar.

Gada artinya lembaga penegak hukum.

Senjata Cakra berarti berani mengatakan apa yang dianggap tidak wajar atau tidak benar.

Lampu berarti percaya dan benar-benar percaya bahwa makhluk hidup itu ada.

Sangkhala artinya segala sesuatu dilakukan secara sakral dengan tugas pemeliharaan atau pengembangan. Kapan

Sepasang Perwara masuk akal sebagai simbol keberlanjutan dan regenerasi.

Makna Motto Universitas Brawijaya

“Building Up Noble Future” yang maksudnya Penulisan motto UB menyiratkan makna “Membangun kemuliaan masa depan”.


UB memiliki tanggung jawab  besar untuk membantu membangun peradaban global, peradaban di mana planet dan seluruh umat manusia dapat berkembang. Bagaimana teman-teman sudah paham kan apa Motto dari Universitas Brawijaya.