Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibu Kota Belgia? Apa itu? Ini jawabnya

Ibu Kota Belgia

Ibu Kota Belgia banyak orang yang belum mengetahui apa sih seb
enarnya ibu kota dari negara Belgia?

Seorang sopir menabrakkan mobilnya ke salah satu kafe di Ibu Kota Brussel, Belgia. Tindakan pelaku ini menyebabkan 6 orang mengalami luka-luka.


Seperti dilansir AFP, Sabtu (27/8/2022), sopir mobil jenis van itu melarikan diri usai menabrakkan mobilnya ke salah satu kafe yang tengah padat pengunjung di Ibu Kota Brussel. Tak lama setelah kejadian, seorang tersangka yang diduga pengemudi mobil tersebut pun ditangkap di kota pelabuhan utara Antwerp.


Meski begitu, pihak kejaksaan Belgia mengatakan tidak yakin apakah insiden itu merupakan kecelakaan atau serangan. Otoritas setempat masih menyelidiki insiden itu.


"Penyelidikan masih berlangsung untuk mengklarifikasi keadaan yang sebenarnya. Pada tahap ini berbagai jalur penyelidikan masih terbuka dan motif tersangka belum diketahui," kata juru bicara kejaksaan Brussel, Willemien Baert.

Ibu Kota Belgia

Ibu kota belgia bernama Brussel, Daerah Ibu Kota Brussel. Namun demikian, Willemien menyebut terdapat bukti adanya serangan yang pernah dilakukan pelaku di masa lalu. Akan tetapi, dia menyebut ada kemungkinan insiden itu hanya kecelakaan.


"Buktinya memang mengingat serangan yang pernah dilakukan di masa lalu, tapi untuk saat ini belum bisa dipastikan itu serangan, kemungkinan itu hanya kecelakaan," katanya kepada wartawan.


Berdasarkan informasi, Unit Koordinasi Pelacakan Terorisme untuk Analisis Ancaman (OCAM) Belgia secara singkat menaikkan tingkat ancaman di ibu kota dari "sedang" menjadi "serius" -- dari dua menjadi tiga pada skala empat. Tetapi tingkat itu turun kembali ke tingkat menengah beberapa jam kemudian.


"Setelah para pejabat menemukan elemen-elemen yang meyakinkan dalam penyelidikan mereka," kata seorang juru bicara OCAM kepada AFP.


Sementara itu, awalnya, pihak kepolisian Belgia mengatakan terlalu dini untuk berspekulasi apakah pengemudi sengaja menargetkan pengunjung. Tetapi penyelidik menemukan van ditinggalkan di dekat tempat kejadian.


"Sesaat sebelum pukul 1 siang, sebuah van melaju ke teras di jalan Saint Michel. Pengemudi melarikan diri dengan kendaraannya, layanan darurat sangat cepat di tempat," kata seorang juru bicara kepada AFP.

Ibu Kota Belgia

"Ada enam luka ringan yang dirawat di tempat kejadian," katanya.


Tak hanya itu, Wali Kota Brussel, Philippe Close, juga buka suara terkait kejadian itu. Dia mengatakan kendaraan yang dikemudikan pelaku melaju dengan kecepatan tinggi.


"Yang pasti kendaraan itu melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi," katanya.


Mack Rutherford, seorang remaja berkebangsaan ganda Inggris-Belgia, mendarat di Bulgaria pada hari Rabu (24/08), mencatatkan dirinya dalam Guinness World Records sebagai orang termuda yang terbang keliling dunia sendirian, memecahkan rekor yang dipegang oleh Travis Ludlow asal Inggris yang dua tahun lalu terbang keliling duni pada usia 18 tahun, sesama warga Inggris.


"Saya sangat senang dapat menyelesaikan perjalanan lima bulan mengelilingi dunia," kata Rutherford dalam sebuah video yang diposting di Facebook. "Dengan perjalanan ini, saya mencoba menunjukkan bahwa anak muda bisa membuat perbedaan," tambahnya.

Ibu Kota Belgia

Rute penerbangan Rutherford

Rutherford meninggalkan bandara Radomir dekat Sofia, ibu kota Bulgaria, pada 23 Maret dengan pesawat ultraringan bernama Shark. Pesawat ini dilengkapi dengan tangki bahan bakar tambahan untuk perjalanan jauh.


Kembali pada hari Rabu di bandara keberangkatannya berarti dia melintasi dunia menempuh jarak sekitar 54.000 kilometer. Rutherford melintasi khatulistiwa dua kali sesuai dengan persyaratan Guinness Book or World Records, mengunjungi sekitar 52 negara di lima benua.


"Seharusnya hanya perlu waktu antara dua hingga tiga bulan, tapi jadinya lima bulan," kata Rutherford kepada kantor berita AP. Dia mengatakan terjadi penundaan di beberapa tempat, seperti di Kreta dan Dubai "karena masalah dokumen, visa, izin, hal-hal seperti itu."


Rutherford mengunjungi Afrika dan wilayah Teluk, di mana ia menghadapi cuaca panas ekstrem, sebelum melanjutkan penerbangan ke India, Cina, Korea Selatan dan Jepang, kemudian Alaska, Pantai Barat AS dan Meksiko, Pantai Timur Amerika dan Kanada. Dari sana dia terbang melintasi Samudra Atlantik melalui Islandia, Inggris, dan Belgia.

Ibu Kota Belgia

Selama penerbangannya, Rutherford ditemani oleh boneka beruang teddy kecil. Dia merayakan ulang tahunnya yang ke-17 dalam penerbangan.


Pada hari Selasa (23/08), sebelum menyelesaikan bagian terakhir dari perjalanannya, ia mendarat di lapangan terbang Belgia, dekat kota Charleroi, di mana ia melakukan pendidikan pilot pertamanya.


Terlahir dari keluarga pilot

Ibu Kota Belgia Rutherford, yang berasal dari keluarga penerbang, pertama kali menerbangkan pesawat ketika dia berusia tujuh tahun. Kakaknya, Zara, menjadi perempuan termuda yang terbang keliling dunia, memecahkan rekor dunia pada 20 Januari lalu.


Sam Rutherford, ayah Mack dan Zara, berkata, "Mereka telah berkeliling dunia dengan aman, efektif, profesional. Dan mereka telah menunjukkan kepada anak-anak lain bahwa mereka tidak harus berusia 18 tahun, dan tentu saja tidak 30 tahun, untuk membuat perbedaan dan melakukan sesuatu dan mengejar impian." yf/ts (AFP/AP)


Seorang remaja berusia 17 tahun bernama Mack Rutherford kemarin menjadi orang termuda yang terbang sendirian keliling dunia dengan pesawat kecil setelah lepas landas pertama kali pada 23 Maret, menurut Guinness World Records (GWR).


Dilansir laman CNN, Kamis (25/8), remaja berdarah Inggris-Belgia itu mendarat pada hari sebelumnya di Ibu Kota Sofia, Bulgaria, lokasi dia memulai penerbangannya, menurut situs web resmi Rutherford dan GWR. Dia pertama kali berangkat ketika masih berusia 16 tahun.


Rute Rutherford membentang 52 negara melintasi lima benua dengan pesawat Shark ultralight yang disiapkan khusus dengan kecepatan jelajah mencapai 300 kilometer per jam.


"Saya ingin menggunakan kesempatan untuk bertemu orang-orang muda di rute saya yang melakukan hal-hal luar biasa, membuat perbedaan bagi komunitas mereka atau bahkan bagi dunia," tulisnya sebelum terbang.


Perjalanan Rutherford bisa dilacak di situs resminya. Dia berangkat dari Bulgaria menuju Mediterania kemudian melalui Sahara, terus melalui Timur Tengah dan kemudian Asia Timur.


Rutherford memecahkan dua rekor dunia yang sebelumnya dipegang oleh kakak perempuannya Zara Rutherford, sebagai orang termuda yang terbang solo keliling dunia dan juga orang termuda yang melakukannya dengan pesawat microlight, kata situs GWR.


Rutherford baru berusia 15 tahun ketika dia menerima lisensi pilot pertamanya.


Dia memasuki rute terakhirnya melalui Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko sebelum terbang kembali melalui Eropa dan mendarat di Sofia.


"Ketika saya berusia 15 tahun, saya mendapatkan lisensi saya dan menjadi yang termuda di dunia pada saat itu. Kemudian ketika saudara perempuan saya terbang keliling dunia, saya berpikir, ada sesuatu yang benar-benar dapat saya coba perjuangkan dan capai," katanya.


Perjalanannya bahkan membawanya ke sebuah pulau terpencil di Pasifik Utara, setelah angin sakal yang kuat memaksanya untuk mendarat selama penerbangan dari Jepang ke Amerika Serikat.


"Saya makan beberapa Oreo untuk makan malam dan kemudian pergi tidur di bilik kecil - tapi itu benar-benar pengalaman yang luar biasa," katanya.