Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah satu contoh konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah

    Salah satu contoh konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah mengenai kehidupan suatu negara tentunya tidak luput dari yang namanya sejarah. Sejarah sendiri ada banyak macam seperti Sejarah pramuka dunia, Sejarah peradaban Islam, Sejarah kebudayaan islam, Sejarah maja pahit dan masih banyak lagi.


    Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena sejarah sendiri menceritakan kisah kehidupan manusia pada masa lampau.


    Lantas, apa itu sejarah? Mari kita simak penjelasan berikut ini bersama-sama Anda dapat menemukan jawaban pada kesimpulan paragraf paling akhir.

    Salah satu contoh konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah


    Pengertian Sejarah

    Sejarah adalah Suatu ilmu yang telah di ringkas atau di susun secara sistematis dari zaman dahulu hingga sekarang yang tertulis disebuah lembaran atau buku bisa jadi dari mulut ke mulut yang telah terjadi pada masa lampau. 

    Dengan cra masyarakat menafsirkan, mentransmisikan, dan mengubah realitas, maka budaya historis adalah cara khusus dan khusus di mana suatu masyarakat berhubungan dengan masa lalunya. 

    Ketika kita mempelajari budaya sejarah, kita menyelidiki produksi sosial dari pengalaman sejarah dan manifestasi objektifnya dalam kehidupan masyarakat. Produksi ini biasanya dilakukan oleh agen-agen sosial yang berbeda, seringkali pada satu waktu yang sama, melalui media yang berbeda.


    Sejarah dalam budaya menggabungkan pendekatan antropologi dan sejarah untuk melihat tradisi budaya populer dan interpretasi budaya dari pengalaman sejarah. Ini mengkaji catatan dan deskripsi naratif materi masa lalu, meliputi rangkaian peristiwa (terjadi berturut-turut dan memimpin dari masa lalu ke masa kini dan bahkan ke masa depan) tentang suatu budaya.


    Sejarah budaya mencatat dan menafsirkan peristiwa masa lalu yang melibatkan manusia melalui lingkungan sosial, budaya, dan politik atau berkaitan dengan seni dan tata krama yang disukai suatu kelompok. Jacob Burckhardt (1818–1897) membantu menemukan sejarah budaya sebagai suatu disiplin. 

    Sejarah budaya mempelajari dan menafsirkan catatan masyarakat manusia dengan menunjukkan berbagai cara hidup khas yang dibangun oleh sekelompok orang yang sedang dipertimbangkan. Sejarah budaya melibatkan kumpulan aktivitas budaya masa lalu, seperti upacara, kelas dalam praktik, dan interaksi dengan lokal


    Konsep Budaya Sejarah dan serumpunnya dalam bahasa lain (seperti cultura histórica, Geschichtskultur, Culture historique) mengungkapkan cara baru untuk mendekati dan memahami hubungan efektif dan afektif yang dimiliki kelompok manusia dengan masa lalu, dengan masa lalunya sendiri.

    Ini adalah bidang studi yang bertujuan untuk merangkul bidang yang lebih luas daripada historiografi, karena tidak hanya terbatas pada analisis literatur sejarah akademis. 

    Ruang lingkup budaya sejarah adalah untuk menganjurkan pemeriksaan semua lapisan dan proses kesadaran sejarah sosial, memperhatikan agen yang menciptakannya, media yang digunakan untuk menyebarkannya, representasi yang dipopulerkan, dan penerimaan kreatif di dalamnya. bagian warga.


    Tidak mungkin mendapatkan akses ke masa lalu persis seperti yang terjadi. Untuk mendekatinya, kita harus merepresentasikannya, menjadikannya bagian dari masa kini melalui sintesis kreatif yang merekonstruksinya. 

    Untuk alasan ini, pengetahuan tentang masa lalu dan penggunaannya di masa sekarang selalu dibingkai dalam praktik sosial tertentu untuk menafsirkan dan mereproduksi sejarah. Kesadaran sejarah setiap individu dengan demikian diciptakan di jantung sistem interpretasi sosial dan komunikatif, objektifikasi dan penggunaan publik dari masa lalu, yaitu, di jantung budaya sejarah.


    Asal usul bukanlah semata- mata pesan jauh dari peristiwa- peristiwa yang sudah terjalin dalam kehidupan orang di bumi. Catatan- catatan insiden era kemudian itu membuktikan pergantian serta keberlanjutan dalam asal usul orang. 

    Pergantian merupakan insiden ataupun peristiwa yang membuat perbandingan. Pergantian bisa terjalin dengan cara lelet ataupun kilat. Orang merupakan insan yang bertabiat energik sebab kehidupan orang berganti menjajaki kemajuan era. 

    Pergantian dalam kehidupan orang tidak bisa jadi terjalin tanpa karena serta dampak. Karena serta dampak mendampingi pergantian itu membuktikan cara keberlanjutan. 

    Maksudnya, insiden yang jadi pemicu pergantian itu hendak menyebabkan akibat khusus untuk kehidupan orang berikutnya. Ada pula keberlanjutan, ialah sesuatu kondisi yang sudah berjalan lama. Keberlanjutan dalam asal usul ialah susunan insiden di era kemudian, era saat ini, serta era depan yang tidak bisa dipisahkan satu serupa yang lain.

    Baca Juga : Salah Satu Unsur Penting Dalam Peristiwa Sejarah adalah Waktu Karena

    Cara keberlanjutan dalam asal usul dipengaruhi oleh terdapatnya pergantian di tiap era alhasil hendak memengaruhi di era saat ini sampai era yang hendak tiba. 

    Salah satu rancangan pergantian serta keberlanjutan dalam kehidupan bernegara merupakan pada pergantian sistem rezim di Indonesia, mulai dari Sistem Lama masa Soekarno, setelah itu berganti ke Sistem Terkini masa Soeharto, hingga Pembaruan yang terjalin dampak meledaknya kelakuan warga yang dimotori oleh golongan anak muda mahasiswa, membuat lengsernya Soeharto. 

    Seluruh berhubungan, pada tiap durasi yang lalu beranjak, warga hadapi pergantian pada situasi sosial serta budayanya 


    Pengertian sejarah secara etimologi

    Pengertian Sejarah secara etimologi sebenarnya berasal dari kalimat "syajaratun" (Dengan pembacaan: sajadah) Kalimat tersebut dari B. Arab yang berarti "pohon kayu". Pohon kayu ini sebagaimana yang dimaksud merupakan suatu pengibaratan sejarah seperti pohon yang tumbuh dari bawah tanah ke atas, bercabang, menumbuhkan dahan dan daun, bunga hingga buah.


    Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

    Berikut ini merupakan beberapa ulasan mengenai pengertian sejarah menurut para ahli sejarah yang paling banyak didukung dari 2 sejarawan antara lain Herodotus dan Ibnu Khaldun. Mari kita simak penjelasan di bawah ini.


    Pengertian Sejarah Menurut Herodotus

    Pengertian sejarah menurut Herodotus adalah sesuatu hal yang mengkaji tentang kebangkitan, kehidupan, serta kejatuhan tokoh, masyarakat, bahkan peradaban dalam kisah yang dijaga seakurat mungkin kebenarannya (484-425 SM).


    Herodotus merupakan Bapak sejarah bumi yang memperoleh titel itu sebab tadinya tidak sempat terdapat yang menulis cerita hal peristiwa era dahulu sekali sesistematis serta betul- betul dilindungi kebenarannya semacam yang beliau jalani. 


    Pengertian Sejarah Menurut Ibnu Khaldun

    Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun adalah sebuah atau kumpulan catatan yang membahas tentang kejadian, hingga perubahan watak (sosial) seorang manusia, masyarakat, maupun peradaban dunia yang mengacu kepada konsepsi sejarah "Ibrar" (1332-1406). Konsepsi demikian telah membuat sejarah tidak hanya menjadi rekaman masa lalu saja, namun dapat dijadikan hikmah dan pelajaran bagi generasi milenial sekarang dan generasi yang akan datang (Sujati, 2018, hlm. 145).


    Ibnu Khaldun(Ibnu Khaldun) Terdaftar selaku akademikus serta filosof mukmin awal yang memakai pendekatan konsepsi asal usul dalam artikel keilmuan Islam( Abdullah Enan, 2013, hlm. 87). Pendapatnya hal asal usul bisa dibilang ialah pengembangan dari pandangan seragam Herodotus. 


    Pengertian Sejarah Menurut Kuntowijoyo

    Sejarah Menurut Kuntowijoyo adalah cabang ilmu yang mengkaji secara sistematis keseluruhan dari mulai perkembangan proses perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat dengan segala aspek kehidupannya yang telah terjadi pada masa lalu (Kuntowijoyo, 2013, hlm. 18).


    Kuntowijoyo pula beranggapan kalau asal usul ialah perihal yang melayankan kenyataan dengan cara diakronis( berkaitan dengan durasi), ideografis( menggambarkan suatu), istimewa( berlainan satu serupa lain), serta empiris( bersumber pada suatu yang sempat dirasakan oleh orang). 



    Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo

    Menurut Kartodirdjo (1982, hlm. 12) Sejarah adalah Cerminan hal era kemudian orang serta sekelilingnya selaku insan sosial yang disusun dengan cara objektif serta komplit. Perihal yang disusun mencakup antrean peristiwa kenyataan dengan artian serta uraian yang membagikan penafsiran serta uraian hal apa yang sudah lalu. 


    Kesimpulan : 

    Jadi dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa salah satu contoh konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah reformasi. Karena proses keberlanjutan suatu negara dipengaruhi oleh perubahan yang terjadi dari zaman ke zaman.


    Demikian penjelasan dan pembahasan kami tentang 

    Salah satu contoh konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah

    Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan menjadi pelajaran bagi kita agar kita tidak melupakan sejarah yang ada di Negara kita ini.


    close