Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tolak Peluru termasuk Cabang Olahraga

    Tolak peluru termasuk cabang olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang tolak peluru termasuk cabang olahraga. Tolak peluru adalah salah satu dari empat acara lempar dasar trek dan lapangan. 

    Tolak peluru termasuk cabang olahraga


    Tujuan tolak peluru adalah melakukan suatu tolakan dengan menggunakan sekuat tenaga untuk mendapatkan jarak yang maksimal.


    Untuk pendekatan, Anda dapat memilih di antara dua metode dasar untuk melempar, memutar, atau meluncur. Metode yang lebih kompleks adalah teknik spin atau rotasi, berputar saat Anda bergerak maju untuk menghasilkan momentum lemparan.


    Lomba-lomba internasional pada tolak peluru dengan kisah perjalanan sebagai berikut


    Petenis Polandia Michal Haratyk memecahkan rekor pukulan Polandianya di Warsawa pada hari Minggu (28) dengan 22,32m yang ia ikuti dengan lemparan kedua melebihi garis 22 meter.


    Juara Eropa itu menghasilkan enam lemparan yang valid, dimulai dengan 20,55m dan 21,23m sebelum memecahkan rekor nasionalnya di ronde ketiga dengan 22,32m diikuti oleh 22,12m di ronde keempat yang keduanya melebihi rekor sebelumnya 22,08m dari Ostrava terakhir. tahun.


    Haratyk mengakhiri serinya dengan 21,22m di ronde kelima dan 21,60m di ronde keenam untuk mengalahkan rival lamanya Konrad Bukowiecki lebih dari satu meter (21,24m) dengan Tomas Stanek dari Republik Ceko ketiga dengan 21,21m.


    Haratyk naik ke urutan kelima dalam daftar outdoor sepanjang masa Eropa di belakang Ulf Timmermann (23,06m), Alessandro Andrei (22,91m), Werner Gunthor (22,75m) dan Udo Beyer (22,64m). Lemparan terbaik Haratyk juga menjadi yang lebih jauh oleh pelempar Eropa sejak 1988.


    Juara Eropa Paulina Guba memenangkan pukulan puteri dengan catatan terbaik musim 18,65m dan peraih medali perak dunia Piotr Lisek membersihkan 5,61m untuk memenangkan lompat galah sebelum tiga upaya di 5,80m.


    Gaya tolak peluru dengan awalan menyamping sudut lemparan dinamakan gaya ortodoks.

    Teknik meluncur lebih umum digunakan. Dengan gerakan liniernya melalui lingkaran lempar, teknik meluncur lebih mudah dipelajari pemula. Panduan berikut menawarkan elemen dasar teknik meluncur.


    Teknik dasar tolak peluru

    • Langkah pertama dari teknik shot put glide adalah melakukan pick up shot. Tempatkan bidikan di pangkal jari Anda – bukan di telapak tangan – dan rentangkan jari Anda sedikit.
    • Dorong tembakan dengan kuat ke leher Anda, di bawah dagu.
    • Ibu jari Anda harus berada di bawah tembakan dengan siku lempar Anda mengarah ke luar, menjauh dari tubuh Anda.
    • Lengan lempar Anda harus berada pada sudut sekitar 45 derajat ke tanah.
    • Berdiri di belakang lingkaran, menghadap jauh dari target. Pelempar tangan kanan harus meletakkan kaki kanan di dekat tepi belakang lingkaran, dengan kaki kiri diluruskan ke depan.
    • Pertahankan sebagian besar berat badan Anda di kaki kanan, tekuk lutut seolah-olah Anda bergerak kembali ke posisi duduk sambil menarik kaki kiri ke belakang sehingga jari-jari kaki kiri sejajar dengan tumit kanan Anda.
    • Rentangkan kaki kiri Anda ke arah area target dan dorong dengan kaki kanan Anda, "meluncur" ke depan lingkaran sambil menjaga pusat massa Anda tetap rendah.
    • Kaki Anda harus mendarat secara bersamaan, dengan kaki kiri di depan lingkaran, tepat di belakang toeboard dan sedikit ke kiri dari tengah, dan kaki kanan Anda di tengah lingkaran.
    • Berat badan Anda harus berada di kaki kanan dan lutut kanan Anda harus ditekuk sekitar 75 derajat.
    • Anda sekarang harus berada dalam "posisi kekuatan", dengan kaki selebar bahu, lengan kiri direntangkan dari tubuh dan lutut ditekuk.
    • Jaga siku kanan Anda ke atas saat Anda menggeser berat badan Anda ke kiri. Luruskan kaki kiri Anda saat Anda memutar pinggul sehingga sejajar dengan target.
    • Jaga agar sisi kiri Anda tetap kuat, pukul lengan Anda ke atas dan selesaikan lemparan dengan flip pergelangan tangan Anda dan tindak lanjut yang kuat.


    Anda harus tau kekuatan lemparan Anda dimulai dari kaki Anda dan mengalir ke atas melalui pinggul, punggung dan lengan Anda.


    Kebanyakan pemula akan mempelajari pendekatan dasar pada awalnya, sesederhana melangkah ke garis dan melempar dari posisi diam. Setelah menguasai itu, mereka kemudian dapat diajari untuk mulai berbalik 45 derajat ke target, memutar dan menempatkan tembakan. Akhirnya, shot putter dapat mempelajari luncuran dan mungkin juga teknik rotasi.



    Kesimpulan : 

    Jadi, dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa tolak peluru termasuk cabang olahraga atletik. Lapangan tolak peluru berbentuk lingkaran berdiameter 2,135 meter. Tolak peluru termasuk olahraga nomor lempar pada cabang olahraga atletik yang berbentuk gerakan mendorong dan menolak. Tujuan tolak peluru adalah melakukan suatu tolakan dengan menggunakan sekuat tenaga untuk mendapatkan jarak yang maksimal.


    Semoga artikel pembahasan Kami tentang : 

    Tolak peluru termasuk cabang olahraga

    Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi kita semua Amin.

    close