Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi

    Di zaman yang super modern ini, teknologi semakin berkembang secara pesat. Bahkan hampir semuanya menggunakan teknologi agar mempermudah dan mempercepat tugas-tugas manusia. Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi yang saat ini sering dibahas.

    Salah satunya Microsoft Excel, tidak asing bukan dengan kalimat tersebut. Ya, hampir kebanyakan orang tahu. Mulai dari jenjang pendidikan SMP sampai SMA pasti diajarkan tentang Microsoft Excel, tidak ada didunia pendidikan saja. 

    Kini, didalam dunia kerja pun beberapa instansi mewajibkan karyawan menguasai Microsoft Excel ini.

    Mengenal lebih dalam lagi, mari kita bahas apa sebenarnya Excel itu?
    Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi
    Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi


    Excel merupakan aplikasi dalam bentuk spreadsheet yang dibuat yang telah didistribusikan oleh Microsoft Corporation, sehingga dapat digunakan pada segala sistem operasi Windows dan Mac OS. Excel atau yang juga bisa disebut dengan Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak yang termasuk dalam 1 paket perangkat lunak Microsoft Office. 

    Microsoft Excel digunakan untuk mengolah angka, tidak hanya pengolah angka saja, karena Microsoft Excel juga sangat banyak sekali fungsi dan fitur lainnya. Fitur "Fungsi dan Rumus" atau biasa di kenal dengan sebutan rumus Excel yang membuat Excel sangat dikenali oleh masyarakat luas.


    Microsoft Excel merupakan program pengolah data.

    Baca Juga : Fungsi Utama Program Microsoft Excel adalah


    Aplikasi Microsoft Excel ini berbentuk lembar kerja atau spreadsheet dengan fungsi penghitungan yang baik dan dapat membantu kita memenuhi kebutuhan perkantoran. Hebatnya lagi, Excel merupakan salah satu aplikasi yang telah populer dan banyak dipakai untuk kebutuhan pengolahan data atau manajemen data di suatu perusahaan. 

    Tag : xls microsoft, word excel powerpoint


    Secara historis, Excel awalnya adalah program spreadsheet Multiplan yang dibuat pada tahun 1982. Program ini sangat populer di sistem operasi CP / M pada awalnya, tetapi tidak populer di MS-DOS karena sudah ada pesaing, seperti Lotus 1-2-3. Oleh karena itu, Microsoft mulai mengembangkan aplikasi spreadsheet terbarunya, yaitu Excel.


    Sekitar pada tahun 1985, versi pertama Microsoft Excel untuk Macintosh dirilis, dan versi Windows itu sendiri mulai dirilis pada November 1987.

    Fungsi, kelebihan dan apa saja manfaatnya Microsoft Excel akan dibahas di bawah ini. ingin tahu? Ayo lihat!

    1. Fitur dan Manfaat Microsoft Excel


    Dengan cara biasa, Microsoft Excel bisa dipakai selaku fitur lunak pengolah angka. Namun dengan secara detail, Microsoft Excel bisa dipakai buat membuat, membetulkan, menyusunkan, menganalisa, serta meringkas informasi atau data. 

    Tidak hanya itu, Microsoft Excel pula mempunyai guna buat melaksanakan kalkulasi aritmatika serta statistik yang bisa menolong menuntaskan permasalahan yang berhubungan dengan akal sehat serta matematika.

    Excel pula bisa dipakai buat membuat pencatatan keuangan, menata anggaran finansial, serta menciptakan informasi dalam wujud tabel, diagram ataupun bagan.

    Tidak hanya apa yang sudah dipaparkan di atas, Microsoft Excel pula menolong mempermudah profesi di seluruh aspek. 

    Misalnya di aspek akuntansi, bisa dipakai buat mengenali jumlah keuntungan industri dalam rentang waktu khusus, membagi jumlah profit serta cedera, membagi pendapatan pegawai, serta banyak guna yang lain.

    Setelah itu pada aspek informasi, Microsoft Excel bisa dipakai buat memasak informasi dengan statistik dasar, semacam mencari median, mean( pada umumnya), maksimal serta minimal serta serupanya. Hasilnya hendak diperlihatkan dalam wujud diagram ataupun wujud bagan alhasil seluruh orang bisa memahaminya.

    2. Keunggulan Microsoft Excel

    Tentu saja, terdapat banyak hal yang membuat orang memilih buat memakai Microsoft Excel dari fitur perangkat lunak lain. Yang mempunyai banyak rumus. Sebagai aplikasi pengolah informasi, fungsi ini pastinya sangat diperlukan. 

    Metode di Excel bisa melaksanakan enumerasi jauh lebih gampang dari kalkulator. Oleh sebab itu, buat menggunakan kelebihan itu, konsumen Excel pastinya wajib menguasai metode memakai Microsoft Excel buat melaksanakan enumerasi dalam durasi yang pendek, terutama buat informasi atau data yang berskala besar.

    Keuntungan dari Microsoft Excel


    • Antarmuka ataupun UI pengguna yang gampang dimengerti.
    • Kompatibilitas dengan bermacam sistem operasi.
    • Mudah dipelajari untuk user baru.
    • Lisensi versi grosir kini sudah dapat digunakan.
    • Memiliki ekstensi paling populer (.xls) untuk perangkat lunak spreadsheet.
    • Bisa membaca ekstensi spreadsheet standar (.csv).
    • Fungsi pivot mempermudah pengelolaan data.
    • Spreadsheet besar bisa dipakai sebagai alternatif SQL untuk kemudahan penggunaan.
    • Dibanding dengan program serupa, RAM dan sumber daya memori cenderung mengonsumsi dengan tekanan kecil.
    • Sudah banyak dipakai oleh berbagai industri, institusi dan pekerjaan.
    • Telah support Visual Basic
    • Menyediakan fungsi “research pane” untuk mempermudah para ahli yang terkait dengan topik penelitian dalam mencari rujukan untuk analisis data menggunakan Microsoft Excel.



    3. Kelemahan Microsoft Excel

    Bila mempunyai keunggulan, pastinya juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah berbayar, nyatanya memakai Excel yang asli bukanlah free. 

    Kalian wajib berlangganan Office 365 buat tipe yang terkini berplatform cloud Excel, serta tipe desktop buat Excel hendak dikeluarkan dengan harga yang lumayan besar. Namun janganlah takut, kerapkali ketika kita membeli suatu laptop terbaru, Tentu pasti anda akan ditawarkan untuk memasangkan Excel yang original.

    Tidak hanya itu, memakai Excel membutuhkan kesabaran serta belajar secara terus-menerus. Sebab seringkali hasil perhitungannya salah, ini umumnya terjadi sebab pengguna melakukan kekeliruan pada saat menulis rumus. 

    Oleh sebab itu, ketelitian merupakan kuncinya, alhasil output yang dikeluarkan hasilnya betul. Tidak hanya itu, memakai Microsoft Excel buat memasukkan informasi dengan cara manual sangatlah memakan banhyak waktu, apalagi dalam jumlah data jumlah besar.

    4. Beberapa Cuplikan Keuntungan menggunakan Excel



    • SUMIF: Rumus wajib untuk analis data

    SUMIF atau penjumlahan bersyarat merupakan rumus wajib yang harus diketahui analis data. Sebab, jika Anda menggunakan SUMIF, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan penjumlahan nilai berdasarkan kategori yang dibutuhkan dan menghasilkan akurasi yang tepat. 

    Anda dapat menggunakan SUMIF untuk menentukan jumlah produk yang menyumbangkan pendapatan untuk bisnis Anda.


    • Solusi pencarian data dengan VLOOKUP dan HLOOKUP

    VLOOKUP atau Vertical LOOKUP memiliki fungsi kebalikan dari HLOOKUP atau Horizontal LOOKUP. Kedua fungsi tersebut dapat digunakan dengan sempurna pada saat dibutuhkan solusi berupa pencarian data, yaitu mencari data dengan menggunakan “kata kunci” tertentu pada kolom pertama tabel. 

    Nanti, Anda akan menggunakan tabel ini untuk mengambil nilai dari sel mana pun di baris yang sama dengan menggabungkan data di beberapa titik secara bersamaan.

    • Menjumlahkan produk (SUMPRODUCT) 

    Dalam analisa informasi excel, SUMPRODUCT ialah" analisa informasi kencana", yang sudah dipakai oleh para analis informasi buat mengenali tingkatan pengembalian pada umumnya ataupun average harga jual serta batas profit pemasaran produk

    Kemudian fungsi SUMPRODUCT mengalikan rentang nilai dengan korespondensi baris yang sesuai untuk menghasilkan keluaran yang dibutuhkan pengguna. 

    Misalnya, memakai fungsi ini dalam perhitungan dapat mencari harga jual rata-rata seluruh produk dengan mengalikan harga dan kuantitas, lalu membaginya dengan total produk yang terjual.



    Begitu uraian yang bisa kita bagikan mengenai:

    Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi

    Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua terima kasih sudah berkunjung di web kami.
    close