Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pihak yang Terkait dengan Satuan Kerja Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Pihak yang Terkait dengan Satuan Kerja Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah
Pihak-pihak yang terkait dengan satuan kerja yaitu, Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa, Pejabat Pengadaan, Penyedia barang dan jasa.

  1. Pengguna Anggaran (PA)
Pengguna anggaran (PA) adalah pejabat pemegang kewenangan anggaran Kementrian/ Lembaga/ Satuan Kerja Perangkat Daerah.

  1. Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)
Pejabat yang ditetapkan oleh PA untuk menggunakan APBN atau ditetapkan oleh Kepala Daerah untuk menggunan APBD. KPA pada Kementerian/ Lembaga/ Institusi pusat lainnya merupakan pejabat yang ditetapkan oleh PA.

Sedangkan KPA pada Pemerintah Daerah merupakan pejabat yang ditetapkan oleh Kepala Daerah atau usul PA.

KPA untuk dana dekonsetrasi dan tugas pembantuan ditetapkan oleh PA pada K/L/I pusat lainnya atau usul Kepala Daerah. KPA memiliki kewenangan sesuai pelimpahan oleh PA.

  1. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)
PPK merupakan pejabat yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa.

Atas dasar itulah, PPK bertugas dan memiliki wewenang untuk menyusun spesifikasi teknis barang/jasa yang akan diprogramkan, menetapkan HPS (Harga Perkiraan Sendiri) sebagai batas atas harga kontrak yang diperbolehkan, menandatangani ikatan perjanjian/kontrak pengadaan dengan penyedia barang/ jasa, mengawasi pelaksanaan kontrak, serta membuat keputusan apabila terjadi sengketa/permasalahan dalam pelaksanaan kontrak.

  1. Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ)
Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) adalah unit kerja organisasi pemerintah di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang menjadi pusat keunggulan Pengadaan Barang/Jasa.

UKPBJ diisi oleh pejabat pengadaan dengan status pegawai negeri sipil (PNS) yang merupakan personel yang memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa yang melaksanakan pengadaan barang/jasa.

  1. Pejabat Pengadaan
Pejabat Pengadaan adalah pejabat administrasi/ pejabat fungsional/ personel yang bertugas melaksanakan Pengadaan Langsung, Penunjukan Langsung, dan/atauE-purchasing.

  1. Penyedia barang dan jasa
Penyedia barang dan jasa adalah badan usaha atau orang perseorangan yang menyediakan barang/pekerjaan konstruksi/ jasa konsultasi/ jasa lainnya.
Choirul Umam
Choirul Umam Penulis, Konten Kreator, Desainer Grafis, Editor Foto dan Video
close