Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Harga Pokok Produksi

    Jelaskan Pengertian Harga Pokok Produksi
    Pengertian harga pokok produksi adalah daftar biaya produksi yang harus dikeluarkan perusahaan pada periode tertentu, yang terkait dengan biaya pengadaan bahan baku, alat produksi, bahan pendukung produksi dan lain sebagainya.

    Manfaat informasi harga pokok produksi adalah bisa menentukan harga jual produk, memantau realisasi biaya produksi, menghitung laba atau rugi periodik, dan menentukan harga pokok persediaan produk jadi dan produk dalam proses yang disajikan dalam neraca.

    Tujuan perhitungan harga pokok produksi adalah untuk menentukan jumlah biaya per unit produk jadi, menentukan harga jual produk, menilai persediaan, sebagai dasar untuk menetapkan laba, sebagai dasar untuk mengambil keputusan, dan sebagai alat perencanaan dan pengendalian.

    Metode pengumpulan harga pokok produk adalah di mana biaya dikumpulkan untuk setiap satuan waktu tertentu, misalnya bulan, triwulan, semester, tahun. Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses bahan baku, tenaga kerja, dan overhead pabrik dibebankan ke pusat biaya. Biaya yang dibebankan ke setiap unit ditentukan dengan cara membagi total biaya yang dibebankan ke pusat biaya tersebut dengan total unit yang diproduksi.

    Metode penentuan harga pokok produksi dapat menggunakan dua yaitu full costing dan variabel costing.

    Full Costing adalah metode penentuan harga pokok produksi yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi kedalam harga pokok produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik, baik yang berperilaku variabel maupun tetap ditambah dengan biaya nonproduksi (biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum).

    Variabel Costing adalah metode penentuan harga pokok produksi yang hanya memperhitungkan biaya produksi variabel saja. Biaya variable adalah biaya yang berubah mengikuti banyaknya barang yang diproduksi.

    Harga pokok penjualan atau HPP adalah istilah yang digunakan pada akuntansi keuangan dan pajak untuk menggambarkan biaya langsung yang timbul dari barang yang diproduksi dan dijual dalam kegiatan bisnis.
    Choirul Umam
    Choirul Umam Penulis, Konten Kreator, Desainer Grafis, Editor Foto dan Video
    close