Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih

    Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih - Kembali lagi bersama situs kesayangan para pelajar yang membahas tentang cabang olahraga, macam macam olahraga, manfaat olahraga.


    Sikap lilin, kali ini admin akan membahas segala tentang Sikap lilin. Sebelum kita memulai materi ini alangkah baiknya Anda membaca dan menyimak mulai dari Pembahasan, Penjelasan dan Kesimpulan agar materi yang di sampaikan benar-benar tertancap dan menambah ilmu bagi kita semua. Sikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap kedua kaki rapat di atas. Oke langsung saja mari simak bersama !

    Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih

    Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih


    Pendahuluan :

    Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih keseimbangan. Berbicara senam lantai apa sih senam lantai itu?


    Pengertian senam lantai

    Senam lantai adalah Sebuah gerakan olahraga yang dilakukan di lantai, senam lantai, sesuai dengan namanya yang di mana gerakan dilakukan di lantai di area seluas 12 meter (40 kaki) persegi. 

    Tempat atau area ini ditutupi oleh beberapa jenis kain atau tikar, biasanya dengan beberapa bantalan. Tidak ada peralatan lain yang digunakan. Rutinitas pria berdurasi 50 hingga 70 detik. Biasanya olahraga ini menngunakan Matras untuk memulai senam agar tidak sakit.

    Jenis latihan yang diperlukan adalah rangkaian gerakan yang menggabungkan unsur kelenturan, kekuatan, lompatan, menahan pose, dan keseimbangan, serta manuver lainnya. 

    Seluruh rutinitas harus dilakukan dengan ritme dan harmoni, dan pesenam harus bergerak ke arah yang berbeda, menggunakan sebagian besar area yang ditentukan.


    Latihan ini seperti halnya biasanya dimulai dan diakhiri dengan seirama serangkaian gerakan tumbling, seperti handspring atau cartwheel dengan setengah putaran (roundoff), dilanjutkan dengan handsprings dan jungkir balik (di udara), baik ke belakang maupun ke depan. 

    Antara start dan finish, keseimbangan dipegang dengan menggunakan satu kaki, handstand dicapai dengan meletakkan tangan di lantai dan menendang ke posisi berdiri, dan gerakan ini seperti menyerupai gerakan balet, gerakan jatuh, dan lompatan diselingi.

    Acara perempuan ini mirip dengan pria, hanya saja dipertontonkan dengan alat musik dan berlangsung selama 70 hingga 90 detik. Latihan lantai diperkenalkan sebagai olahraga medali Olimpiade individu untuk pria pada tahun 1936 dan untuk wanita pada tahun 1952.


    Tujuan Senam lantai

    Tujuan senam lantai sikap lilin ialah untuk melatih keseimbangan tubuh dan menjaga tubuh permanen sehat.


    Pengertian sikap lilin

    Sikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap kedua kaki rapat di atas. Gerakan mengangkat kaki serta badan bagian dasar ke atas dengan pijakan pada badan bagian atas yang di topang dengan kedua tangan. kegiatan sikap lilin ialah salah satu aksi yang ada dalam senam lantai.

    Sikap lilin bertujuan untuk melatih keseimbangan. Aksi tindakan lilin dicoba di lantai yang berasaskan matras buat menjauhi terbentuknya cidera. Bila dicoba dengan bagus serta betul, aksi tindakan lilin mempunyai banyak khasiat untuk badan orang.



    Cara melakukan sikap lilin

    • Tindakan lilin awalan terlentang. Kamu harus tidur terlentang dan ke 2 kaki lurus kedap, sebaliknya ke 2 tangan lurus terletak pada sisi kanan dan kiri.
    • Pandangan harus menghadap ke atas, sehabis itu ambil ke 2 kaki serta pinggul tolong mengenakan tangan untuk desakan kaki ke atas. Kaki harus kedap dengan didorong mengenakan tangan yg berupa mendekati siku. Yakinkan Apabila kaki serta pinggul Kamu lurus, sesudah itu piket keseimbangannya.
    • Ketika melaksanakan pendaratan ataupun merendahkan kaki wajib pelan pelan, perihal itu biar tidak terjalin luka.
    • Pendaratan dilakukan dengan menurunkan kedua kaki secara perlahan hingga posisi badan telentang seperti sikap awalan.




    Contoh soal

    Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih


    1. Kekuatan

    2. Keseimbangan

    3. Daya tahan

    4. Kecepatan



    Kesimpulan :

    Dari pembahasan diatas bisa Kami simpulkan bahwa Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih Keseimbangan (2)


    Semoga pembahasann kali ini bermnafaat dan bisa membantu adik-adik dalam proses pembelajaran. Jika ada yang kritik dan saran bisa komentar di bawah ini.

    Terima kasih telah membaca artikel tentang :

    Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih

    Semoga bermanfaat

    close