Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sikap awal Roll depan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu

Sikap awal roll depan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu sebelum kita membahas lebih lanjut alangkah baiknya simak penjelasan di bawah ini mulai Pendahuluan, Pembahasan dan Kesimpulan. Agar pembaca mendapatkan informasi yang lebih tepat dan akurat.


Sikap awal roll depan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu


Pendahuluan :

Pengertian Roll depan

Roll depan atau Forward rolls adalah gerakan senam paling dasar yang terlihat seperti jungkir balik yang anggun. Gulungan mirip dengan membalik dalam kenyataan bahwa itu adalah rotasi tubuh yang lengkap. 

Namun, rotasi pada gerakan roll depan biasanya dilakukan di tanah sementara gerakan flip dilakukan di udara dengan pinggul melewati kepala dan tangan tanpa menyentuh lantai. Rolls juga membantu pulih dari jatuh dengan aman. 

Untuk melakukan suatu gerakan mengguling ke depan dengan cara yang benar, Anda harus dapat bergerak dari posisi awal menjadi berguling dan bangkit kembali secara bersamaan.


Bahan-bahan yang dibutuhkan saat melakukan Roll depan

Satu-satunya peralatan yang harus Anda perlukan untuk mengajarkan roll depan adalah permukaan yang lembut. Roll depan atau Forward roll berguling ke depan dapat dilakukan di rumput yang lembut, pasir yang halus. Tetapi lebih bagusnya jika Anda mempunyai Matras yang sangat berguna ketika melakukan gerakan Roll depan.


Sebenarnya gerakan guling ke depan ini sejak kecil kebanyakan orang sudah melakukannya tanpa disadari. Ya, karena Admin juga pernah melakukannya waktu kecil hehehe. 

Roll depan atau Forward rolls jika Anda mau belajar sejak umur dewasa setelah lama tidak melakukan gerakan ini maka akan sangat sulit melakukannya. Dibandingkan dengan anak kecil berusia 5 tahun yang mudah melakukannya karena sering melakukan gerakan ini. 

Beda lagi dengan orang dewasa yang mengikuti perguruan Pencak Silat atau olahraga beladiri yang lain. Kebanyakan pencak silat atau olahraga beladiri lainnya mengharuskan untuk bisa melakukan gerakan Roll depan. 

Karena gerakan seperti ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit ketika anda jatuh dari ketinggian.



Cara Melakukan gerakan Roll depan

  • Berdiri di atas bentuk dengan kaki Anda di sudut
  • Kaki dikangkang untuk membuat bentuk "bintang". 

Ini menurunkan pusat massa Anda dan membuatnya lebih mudah untuk meletakkan tangan Anda di tanah, dan mengurangi ketinggian yang akan Anda jatuhkan dari. 


  • Ada beberapa sebagian orang mengajarkan dengan memulai dalam posisi tertekuk 
kemudian memanjangkan kaki dan menyelipkan kepala, namun untuk pemula ini lebih sulit karena ada lebih banyak yang harus dipikirkan, dan pemula sering berlutut sendiri di kepala mencoba melakukannya dengan cara ini. Dimulai dengan kaki Anda terpisah lebih mudah dan lebih aman.

  • Letakkan tangan Anda di tanah di antara kaki Anda

Semakin dekat tangan Anda ke kaki Anda, semakin mudah untuk jatuh ke punggung Anda. 

Jika tangan Anda terlalu jauh maka Anda harus melompat untuk melakukannya. Melompat = Lebih kuat, yang berarti lebih sakit jika Anda salah melakukannya. 

Anak-anak yang ketakutan tidak ingin meletakkan tangan mereka di antara kaki mereka karena sensasi jatuh semakin besar, tetapi mereka harus melakukannya jika mereka tidak ingin melukai diri mereka sendiri!

  • Masukkan kepala Anda dan lihat melalui kaki Anda di belakang Anda

Tempatkan target di dinding, atau letakkan sesuatu di belakang mereka yang harus mereka temukan sebelum mereka berguling.

  • Jaga agar kepala Anda tetap terselip dan jatuh


Contoh Soal :

Sikap awal Roll depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu?

  1. Sikap jongkok dan berdiri
  2. Sikap jongkokk dan berbaringg
  3. Sikap berdirii dan telentang
  4. Sikap telentang dan berdirii
  5. Sikap jongkook dan terlentangg



Kesimpulan :

Dari pembahasan di atas dan soal dengan tema Roll depan bisa kita simpulkan bersama bahwa sikap awal roll depan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan Sikap Jongkok dan Sikap berdiri (1).


Jadi jawabannya yang nomor 1 yaitu : Sikap jongkok dan berdiri.


Demikian pembahasan tentang :

Sikap awal guling depan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

close