Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Media Sosial untuk Bisnis Yang Wajib Anda Diketahui

Dizaman serba modern ini, hampir semua produk memasarkan dengan cara online. Ya, karena dengan melalui online kita bisa lebih menghemat waktu dan biaya khususnya menekan biaya operasional. Sosial media untuk bisnis, Kegunaan media sosial, Manfaat medsos, Keuntungan sosial media, Fungsi media sosial, 


Penggunaan perangkat teknologi komunikasi terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut searah dengan kebutuhan jaringan internet setiap penggunanya. Dalam memanfaatkan teknologi komunikasi pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya media sosial. Serba teknologi administrator yakin Anda pasti memiliki media sosial, baik itu Facebook, Instagram Youtube atau yang lainnya.


Sebelum mengenal lebih dalam lagi mari kita bahas lebih lanjut mari kita bahas tentang Pengertian Media Sosial.


Apa itu media sosial

Pengertian Media Sosial
Pengertian Media Sosial


Media sosial adalah media online yang penggunanya dapat terhubung secara langsung(online) melalui koneksi internet. Menggunakan media sosial memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi dengan sangat cepat walaupun dalam jarak yang sangat jauh. Media sosial dapat digunakan di perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, laptop dan komputer yang terkoneksi ke jaringan internet. 


Tujuan adanya media sosial adalah untuk memudahkan manusia dalam berkomunikasi satu dengan yang lain dan biaya yang murah.


Mungkin bagi banyak orang media sosial hanya digunakan untuk memposting foto – foto pribadi untuk di share. Padahal media sosial dapat dimaksimalkan lagi penggunaannya untuk mendatangkan cuan ke kantung kita.


Masalah yang sering dihadapi oleh pengguna media sosial di Indonesia adalah masih kurang meratanya koneksi internet sehingga terkadang koneksi menjadi lemot bahkan masih banyak daerah daerah yang belum terjangkau dengan internet.


Agar pengguna media sosial lebih mudah dan cepat, perlu koneksi internet yang lancar dan stabil di mana pun. Dengan adanya media sosial sangat menghemat biaya dalam hal komunikasi jarak jauh. Cukup dengan handphone dan koneksi internet Kamu dapat melakukan segala hal melalui media sosial, unggah foto, video, update status galau dan lain – lain.


Terus berkembangnya fitur – fitur yang menarik di media sosial membuat sebuah postingan menjadi lebih kreatif dan enak untuk dinikmati. Sebut saja boomingya aplikasi TikTok di mana user dapat membuat berbagai macam video singkat dengan berbagai macam efek filter dan suara yang dapat dipilih secara bebas. Memungkinkan pengguna semakin bebas dalam berkreasi membuat konten.


Jika kita kulik lebih dalam lagi, ternyata media sosial memiliki peran atau pengaruh yang sangat luar biasa. Dengan adanya media sosial orang yang belahan bumi mana pun dapat berkomunikasi dengan mudahnya. Orang yang tadinya tidak terkenal, tiba tiba dengan adanya media sosial mereka dapat terkenal dan banyak penggemar.


Hal ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Pengguna yang banyak dan aktif membuat media sosial menjadi salah satu media promosi bisnis yang sangat efektif. Hanya bermodalkan kreativitas dalam membuat konten Kamu dapat menjangkau calon customer yang jumlahnya luar biasa banyaknya.


Media Sosial Untuk Bisnis

Media Sosial Untuk Bisnis
Media Sosial Untuk Bisnis


Media Sosial Merupakan Paling Banyak Pengguna

Media sosial bukan hanya dimanfaatkan sebagai media komunikasi, update foto terbaru untuk mendapatkan like dan followers. Tetapi, Media sosial juga bisa dimanfaatkan kegunaanya untuk kegiatan yang bersifat bisnis atau menghasilkan cuan ke kantung kita. Dengan memanfaatkan media sosial kita dapat menjangkau pelanggan lebih banyak dan lebih luas.


Contoh Media Sosial

  • Youtube

Youtube adalah sebuah situs web untuk berbagi video yang dibuat pada tahun 2005 oleh 3 orang mantan karyawan PayPal. Di situs YouTube ini memungkinkan pengguna untuk membuat, berbagi dan menonton video secara bebas dan gratis.


Youtube adalah media sosial dengan pengguna aktif bulanan terbanyak kedua setelah facebook. Per 25 Januari 2021 pengguna aktif Youtube mencapai 2,3 Miliar pengguna. Ketika pandemi covid-19 ini, pemerintah memberlakukan pembatasan kegiatan diluar guna mencegah penularan kasus baru covid-19. Dengan adanya aturan tersebut membuat banyak orang berdiam diri di rumah dan menghabiskan waktu untuk bersosial media, dan salah satu media sosial yang digunakan untuk mendapatkan hiburan atau tontonan secara gratis adalah Youtube.


Youtube merupakan platform penyedia layanan video dan streaming secara online. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk mempromosikan produk dan layanan bisnis kamu secara gratis di sini.


Dengan membuat akun channel Youtube, kamu juga harus mengikuti semua peraturan yang ditetapkan oleh youtube. Kemudia, kamu bisa memulai membuat konten video untuk mempromosikan produk dan jasa bisnis yang kamu punya.


Banyak sekali keuntungan jika kamu berhasil memanfaatkan youtube sebagai media promosi bisnis kamu. Keuntungan bisa didapat dari hasil kunjungan penonton atau traffic viewer dan akan di konversi menjadi uang melalui Google Adsense. Kemudian kamu juga bisa menjadi influencer dan akan banyak diundang menjadi pembicara di acara – acara publik. Selain bisnis kamu akan bertambah besar, kamu sebagai pemilik bisnis juga semakin terkenal.


  • Facebook

Facebook adalah media sosial yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2004. Situs media sosial ini merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan orang diseluruh dunia. Menurut katadata.co.id Jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU) FACEBOOK sebanyak 2,7 miliar pengguna per 25 Januari 2021. Jumlah pengguna ini membuat platform Facebook milik Mark Zuckerberg sebagai media sosial paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia.


Facebook adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonsia. Facebook memiliki fitur yang cukup mudah untuk digunakan semua kalangan, sehingga membuat orang tertarik untuk menggunakannya.


Jika Kamu mempunya sebuah bisnis, baik online maupun offline. Kamu bisa memanfaatkan Facebook sebagai salah satu media promosi untuk mempromosikan produk – produk yang kamu jual. Dengan menggunakan Facebook sebagai media promosi, kamu dapat menghemat biaya pemasaran secara signifikan. Bukan hanya itu, dengan memanfaatkan facebook kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli tentunya.



  • WhatsApp

Platform WhatsApp adalah media sosial yang memungkinkan kita untuk mengirim pesan ke pengguna lain melalui jaringan internet. Jika dahulu kita masih menggunakan SMS untuk mengirimkan pesan, sekarang sudah menggunakan WhatsApp untuk mengirimkan pesan secara lebih murah dan cepat. Di WhatsApp juga kita bisa mengirimkan foto, video, dokumen dan lain lain. WhatsApp juga memiliki fitur story seperti pada aplikasi facebook dan instagram.


Media sosial yang satu ini sangat sering digunakan untuk membantu keperluan bisnis. Kita juga bisa memanfaatkan whatsapp untuk Video Call, telepon ataupun membuka media promosi. Pada saat sekarang ini whatsapp sendiri sudah memiliki yang namanya WhatApp Business. WA BUSINESS ini dikhususnkan untuk penggunaanya mempermudah aktivitas bisnis kamu dengan customer.


Pengguna katif whatsapp sendiri per 25 Januari 2021 sudah mencapai 2 Miliar orang. Jumlah ini pastinya bukan jumlah yang kecil bukan? Ketika kamu berkenalan dengan orang – orang baru, usahakan untuk mendapatkan nomor whatsapp nya, karena nomor WA ini bisa menjadi database kamu untuk keperluan bisnis nantinya.


  • Instagram


Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia. Total pengguna instagram di dunia mencapai 1,2 miliar pengguna. Dengan rata – rata usia yang aktif menggunakan media sosial Instagram ini berada pada angka 18-35 tahun.


Instagram memiliki banyak sekali kelebihan seperti Instagram story, feed, IG TV dan yang terbaru ini adalah fitur IG Reels yang memungkinkan kita untuk membagikan video pendek seperti di aplikasi TikTok.


Kamu bisa memanfaatkan Instagram untuk keperluan bisnis seperti promosi foto dan video produk/jasa bisnis yang kamu punya. Selain itu, di instagram juga menyediakan berbagai fitur pendeteksi wajah atau filter yang menggunakan bantuan AR (Augmented Reality), sehingga foto atau video lebih terlihat menarik dan dapat dijadikan ide konten yang kreatif.


Jika kamu ingin mempromosikan produk/jasa lebih luas lagi, kamu bisa memanfatatkan fitur Instagram Ads. Instagram Ads adalah fitur iklan berbayar yang disediakan oleh Instagram untuk menunjang keperluan bisnis. Dengan menggunakan IG Ads kamu bisa membuat targer market yang lebih spesifik dan lebih tepat sasaran agar dapat meningkatkan penjualan bisnis kamu.


Dampak Media Sosial

Dampak Media Sosial
Dampak Media Sosial


Setelah mengetahui berbagai macam media sosial dengan jumlah pengguna yang banyak untuk membantu bisnis kamu berkembang, sekarang kita akan membahas dampak yang ditimbulkan dari media sosial itu sendiri. di sini Janoopedia menjelaskan ada 2 dampak yang ditimbulkan dari media sosial, yaitu dampak positif dan dampak negatif


Dampak Positif Media Sosial


  • Meningkatkan keuntungan bisnis

Jika kamu sering memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk bisnis kamu baik melalui iklan ataupun secara organik, maka berpeluang besar untuk mendapatkan trafik pengunjung untuk membeli dan menggunakan produk kamu. Kamu harus memberikan informasi secara detail agar kepercayaan pembeli semakin meningkat.


  • Meningkatkan kredibilitas

Kredibilitas bisnis bisa dilihat dari seberapa banyak mereka memberikan layanan dan produk yang berkualitas dan dibutuhkan oleh pembeli. Dengan memanfaatkan media sosial, kamu bisa menyusun profil usaha, portofolio dan testimoni untuk meningkatkan kredibilitas yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan bisnis kamu.


  • Mendapatkan relasi

Semakin kredibel bisnis kamu maka semakin banyak orang yang ingin bermitra dan bekerja sama dengan kamu. Kerja sama dapat tercipta apabila kedua belah pihak saling percaya satu sama dengan yang lain. Dengan memanfaatkan media sosial ini adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan kepercayaan bisnis kamu agar semakin maju dan berkembang.


Dampak Negatif Media Sosial


Media sosial bukan hanya dapat menimbulkan berbagai macam efek positif yang akan ditimbulkan, tetapi juga dapat mengundang dampak negatif berikut kekurangan media sosial.


  •  Produk palsu

Semakin mudah kita mengakses berbagai macam fitur yang disediakan, juga semakin besar untuk menimbulkan risiko kejahatan. Setiap orang bebas untuk menawarkan produk dan jasa di media sosial tanpa adanya kontrol. Yang perlu diperhatikan adalah informasi produk tersebut apakah sudah memang terbukti keasliannyan atau palsu. Kamu juga harus mengecek hasil review atau testimoni dari pelanggan yang sudah pernah membelli. Jika terkait dengan obat – obatan kamu harus mengecek nomor BPOM nya terlebih dahulu agar mengetahui keaslian dari produk tersebut.


  •  Berita hoax

Sekarang ini, informasi semakin cepat menyebar kemanapun. Semakin banykanya informasi yang tersebar secara bebas dan cepat melalui inter, ini dapat menjadi celah untuk oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan situasi.


Berita atau artikel bohong semakin banyak tersebar, terkadang kita juga agak sulit membedakan antara berita asli ataupun bohong.


Pastikan untuk selalu mencari referensi dari sumber yang valid dan tepercaya. Dengan demikian secara tidak langsung akan menghentikan menyebarnya berita bohong tersebut. Untuk tahap lebih lanjutnya kamu juga bisa melaporkan pihak media atau sumber yang menyebarkan isu hoax atau berita palsu kepada puhak yang berwenang.


  • Persaingan tidak sehat

Semakin banyaknya produk yang di posting di media sosial, makan semakin besar pula persaingan yang terjadi antar kompetitor bisnis dan berpotensi untuk menimbukan persaingan yang tidak sehat. Seperti contoh adalah memberikan komentar yang tidak pantas atau jelek kepada kompetitor agar pelanggannya menjauh dan tidak membeli produknya lagi.


Untuk mengatasi permasalah seperti itu, maka kamu harus membangun brand yangkuat terlebih dahulu agar kepercayaan konsumen lebih besar pada produk bisnis kamu. Gunakan juga media promosi yang sepat dan sesuai aturan yang berlaku.


Manfaat Media Sosial

Manfaat Media Sosial
Manfaat Media Sosial


Setelah mengetahui banyak hal yang sudah di jelaskan di atas, sekarang kita akan membahas manfaat penggunaan media sosial untuk keperluan bisnis.


  • Mendapatkan informasi

Media sosial sebagai tempat untuk berbagi informasi terbaru yang tercepat penyebarannya. Mendapatkan informasi terbaru melalui media sosial lebih cepat ketimbang mengunggunartikel di situs berita. Sekarang ini justru banyak sekali aplikasi media sosial dibuat untuk membantu proses pencarian berbagai sumber informasi dalam setiap keperluan.


  • Berkomunikasi secara Real Time

Jika kamu sering menghubungi teman atau kerabat melalui media sosial, secara tidak sadar kamu telah menerima manfaat dari adanya media sosial ini. Manfaat utama dari adanya media sosial ini adalah untuk memutuskan jarak dan waktu dalam penyampaian informasi dari pihak satu ke pihak yang lain. Sehingga informasi tersebut dapat tersampaikan secara langusng dengan lebih cepat meskipun dengan jarak wilayah yang sangat jauh.


  • Meningkatkan Brand

Dengan kemunculan media sosial kamu lebih mudah terhubung kepada pelanggan – pelanggan yang setia menunggu postingan terbaru dari akun kamu. Sebaliknya pelanggan juga dapat dengan mudah menghubungi kamu kapan saja dan di mana saja. Dengan adanya media sosial dapat meningkatkan loyalitas pelanggan kepada brand yang kamu miliki.


  • Meningkatkan trafik

Semakin kamu aktif dan rajin untuk mengupdate informasi dan konten terbaru di media sosial, maka dengan sendirinya akan meningkatkan trafik ke website bisnis yang kamu punya. Apabila kamu memiliki sebuah landing page maka bukan tidak mungkin akan terjadinya peningkatan trafik yang signifikan dan penigkatan pendapatan bisnis kamu.


  • Membangun relasi

Jika produk kamu semakin dikenal oleh banyak orang maka akan semakin banyka benefit yang akan kamu dapatkan. Membangun relasi adalah faktor penting agar bisnis kamu terus bertumbuh. Karena bisnis akan lebih cepat berkembang dan maju ketika kita memiliki jaringan yang luas seta promosi yang sesuai dan tepat sesuai dengan pasar yang ingin dituju.


Kesimpulan

Media sosial adalah media online yang digunakan untuk berinteraksi antara pengguna satu dengan pengguna yang lain melalui jaringan internet. Media sosial dapat dimanfaatkan untuk chatting, mengirim gambar atau video, dokumen dan lain – lain.


Jenis media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia diantaranya adalah Facebook, Youtube, Whatsapp dan Instagram.


Penggunaan media sosial dapat menimbulkan dampak positif dan negatif. Oleh karena itu kita sebagai pengguna media sosial harus lebih bijak dalam menggunakan media sosial tersebut.


Media sosial dapat dimanfaatkan untuk keperluan bisnis, dengan menggunakan media sosial untuk keperluan bisnis dapat menjangkau lebih banyak pelanggan baru dengan biaya yang lebih efisien.


Demikian artikel kami yang membahas tentang 

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis

Semoga Bermanfaat
close