Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Doa Agar Keluarga Sakinah Bahagia Dunia Akhirat !!!

Mempunyai sebuah keluarga merupakan anugrah yang besar diberikan kepada Allah SWT bagi manusia, kita sebagai suami atau istri pasti menginginkan Keluarga yang Bahagia Sakinna Mawaddah dan Warahmah. Tentu, semua orang pasti menginginkannya. Doa keluarga sakinah, Doa keluarga bahagia, Rumah tangga bahagia.


Keluarga merupakan tempat pulang dan harta yang sangat berharga, saling mendukung dan melengkapi. Apapun maknanya, semua manusia pasti berkeinginan keluarganya bahagia. Agama Islam mengajarkan kepada umatnya untuk memanjatkan doa agar keluarga sakinah dan bahagia dunia akhirat.


Keluarga mempunyai anggota yang terdiri dari Ayah, Ibu dan anak yang berkumpul dan tinggal dalam 1 rumah, dimana mereka saling berkaitan satu dengan yang lainnya.


Sementara dalam Islam, keluarga mempunyai sebuah arti penting yaitu bagian dari masyarakat Islam dan didalam keluargalah seseorang belajar mengenal Agama Islam sejak masih kecil.


Keluarga terbentuk dari karena pertalian sebuah darah (Orang tua dengan Anak) dan dari pernikahan (Suami dengan istri dan mertua) Bisa juga, keluarga dibentuk karena alasan yang lain seperti mengangkat sebagai anak angkat.

Doa Keluarga Sakinah




Kenapa kita Dianjurkan untuk Berdoa kepada Keluarga?


Mengutip dari media NU Online, bahwa doa adalah harapan yang disandarkan kepada Allah. Dalam kehidupan sehari-hari, orang berdoa kepada Allah dengan tujuan memohon suatu perlindungan agar sesuatu yang negatif atau buruk tidak menimpa dirinya. Atau dia menghendaki agar dijauhkan dari suatu keadaan untuk mencapai keadaan sebaliknya yang baik dan bermanfaat.


Sebagai sesama anggota keluarga kita harus bersikap saling menyayangi, melindungi dan saling mendoakan agar mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Dengan begitu, keluarga kita akan menjadi kelarga yang sakinah, mawaddah dan warohmahh.


Baca Juga  : Doa agar anak sholeh


Berikut Doa Agar Keluarga Sakinah Mawaddah dan Warohmah


Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawaddah dan Warohmah


Doa Agar Menjadi Keluarga Sakinah

Makna doa ini adalah memohon kepada Allah SWT untuk menjadikan Ayah dan Bunda pasangan suami dan istri yang sakinah dengan menganugerahkan keturunan sebagai penyenang hati, kemudian menjadi contoh bagi orang-orang yang bertakwa.


بَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا


Artinya :

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa." (QS Al Furqan ayat 74).




Doa agar keluarga bahagia dunia akhirat

Doa ini untuk memohon kebaikan dalam kehidupan di dunia dan akhirat bagi semua anggota keluarga serta terhindar dari azab api neraka.


رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ


Artinya :

"Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari azab api neraka." (QS. Al-Baqarah ayat 201).




Doa saat anggota keluarga berselisih

Doa ini dibaca ketika terjadi perselisihan antar anggota keluarga agar mendapat jalan keluar terbaik dan segera akur kembali.

Rabbighfirli wa li akhi wa adkhilni fi rahmatika wa anta arhamur rahimin

Artinya :

"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan saudaraku dan masukkanlah kami ke dalam rahmat Engkau, dan Engkau adalah Maha Penyayang di antara para penyayang."




Doa Agar Keluarga Bahagia Dunia Akhirat 


رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : 

"Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari azab api neraka." (QS. Al-Baqarah ayat 201).




Doa Agar Ditingkatkan Kasih Sayang dalam Keluarga


وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

Artinya : 

"Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku." (QS. Taha ayat 9).




Doa Agar Keluarga Diberi Ketenangan 


الّلهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Artinya : 

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang, yang percaya dengan pertemuan dengan-Mu dan menerima apa yang menjadi anugerah-Mu dan rela terhadap ketentuan-Mu."




Doa Agar Dikaruniai Keluarga yang Rajin Sholat


رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

Artinya : 

"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan keturunanku orang-orang yang tetap mendirikan sholat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku."




Doa untuk orang tua

Sebagai seorang anak, kita harus membaca doa untuk orang tua agar mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan dari Allah SWT.


اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

"Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil."


Demikian artikel tentang :


Kumpulan Doa Keluarga Sakinah


Semoga Bermanfaat dan Barokah 




Sumber : NU Online, Theasianparent, Kumparan