Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Bagaimana Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa Voc

    Hallo selamat datang di website kami, pada kesempatan kali ini kami akan melakukan pembahasan yaitu tentang Jelaskan Bagaimana Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC ? Nah maka dari itu, supaya Kamu mengetahui apa sih jawaban dari pertanyaan di atas. Mari kita simak pembahasan di bawah ini secara lengkap dan semoga membantu adik-adik dalam menemukan jawaban dari pertanyaan di atas.


    Jelaskan Bagaimana Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa Voc
    Sumber Foto :ruangtanya.com


    Jelaskan Bagaimana Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC


    Pendahuluan : 

    Indonesia dahulu merupakan suatu Negara yang saling direbutkan oleh beberapa Negara besar, salah satunya Belanda atau sering disebut dengan Negara kincir angin. Belanda mendarat pertama kali di Nusantara pada tahun 1596, pada saat itu Indonesia mulai mengalami penderitaan yang disebabkan oleh penjajahan pada masa VOC. Hal ini dapat dilihat dari perekonomian yang mulai agak sulit serta kesehatan yang kurang begitu maksimal.


    Karena kedatangan Belanda bukan tidak lain sebenarnya ingin mencari rempah-rempah, melihat kekayaan alam Nusantara bahkan rempah-rempah asal indonesia saat itu merupakan rempah-rempah yang tergolong terbaik didunia. Oleh karena itu, mereka ingin menguasainya dengan berbagai cara mulai adu domba antar pribumi dan sebagainya.


    Lantas Singkatan VOC adalah (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) yang merupakan sebuah Kongsi dagang milik Negara kincir angin yang didirikan pada 20 Maret tahun 1602.



    Pembahasan :


    Dampak yang disebabkan oleh penjajahan pada masa VOC mengalami penderitaan antara lain : 

    Negara kita hanya diperbolehkan untuk menjual hasil kekayaan bumi kepada VOC, hal ini sangat merugikan Bangsa kita. Karena dengan menjual hasil kekayaan bumi kepada VOC, merekan akan membeli dengan harga murah terhadap Indonesia. Oleh karena itu mengakibatkan masyarakat indonesia secara tidak langsung tidak leluasa melakukan penjualan serta mengurangi pendapatan mereka.


    Dengan adanya sistem kerja paksa masyarakat kita terdahulu banyak yang meninggal, tidak memperhatikan kesehatan warga kita dan tidak memberikan upah pada saat bekerja di ladang VOC.


    Masyarakat kita diharuskan untuk membayar pajak berupa Hasil Bumi kepada Belanda. Oleh karena itu, tentunya akan mengurangi pendapatan Bangsa sendiri bahkan sanga merugikan. Biasa istilah menyebutkan dengan "Di Peras di Negara sendiri"


    Kolonial Belanda mengambil paksa lahan para Pribumi, padahal lahan tersebut jelas-jelas milik Bangsa Indonesia.


    Anak-Anak Pribumi tidak boleh sekolah.


    Jika ada yang memberontak dengan pasukan VOC maka akan ditindak tegas.


    Rakyat pada saat itu dipaksa untuk membuat Jalan dari Anyer sampai dengan Panarukan sekitar 1000km. 



    Sungguh penderitaan yang luar biasa yang dialami Bangsa kita pada saat itu. Admin tidak sanggup membayangkan bagaimana keadaan dan kejamnya saat itu.



    Demikian Penjelasan artikel kali ini tentang :

    Jelaskan Bagaimana Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa Voc

    Semoga bermnafaat dan menjadi wawasan bagi kita semua, serta pentingnya kita mendalami sejarah yang saat ini mulai dilupakan oleh para anak cucu kita.

    close