Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Faktor Penyebab Kemunduran VOC

    VOC (Vereenidge Oostindische Compagnie) adalah persekutuan khusus perdagangan yang berasal dari Belanda didirikan pada 20 Maret tahun 1602. Dalam perkembangannya, VOC mengalami sedikit kemunduran tepatnya pada pertengahan abad 18 sehingga berujung pada pembubaran VOC pada tanggal 31 Desember 1799. 


    Berasal dari kehadiran Cornelis de Houtman ke Banten pada 1596, Belanda membuat kongsi bisnis itu buat memperoleh profit yang paling- paling. Walaupun begitu, nyatanya VOC tidak dan merta bisa bertahan dalam waktu durasi yang lama. 


    9 Faktor Penyebab Kemunduran VOC

    Faktor Kemunduran VOC
    Faktor Kemunduran VOC



    1. Korupsi


    Penggelapan yang dicoba oleh pegawai- pegawai VOC. Penggelapan ialah aspek penting pemicu runtuhnya VOC. Perhitungan anggaran yang sedemikian itu besar tidak terdapat maksudnya dengan besarnya perhitungan yang menurun dampak sikap korup. Oleh karena itu, VOC sungguh kesulitan buat menyediakan bermacam kebutuhan industri. Apalagi, sangking gawatnya tingkatan penggelapan yang dicoba VOC, hingga kependekan VOC dipelesetkan jadi vergaan onder corruptie nama lain" musnah karena penggelapan".


    2. Anggaran karyawan yang sangat besar


    Aspek ini selaku dampak terus menjadi luasnya area kewenangan VOC. terus menjadi besar kewenangan, hingga logistik karyawan terus menjadi meningkat. Dengan akumulasi ini, hingga berbelanja karyawan jadi meningkat runcing. Sedangkan itu, sikap penggelapan dari para karyawan memperburuk finansial VOC


    3. Besarnya pengeluaran perang yang dibutuhkan untuk meredam perlawanan orang pribumi.


    Perlawanan di bermacam wilayah mendesak VOC untuk menghasilkan perhitungan yang sungguh besar buat menaklukkan perlawanan orang, buat mendatangkan persentaan ataupun peralatan sepanjang melaksanakan pertempuran. Perhitungan yang sangat besar ini menimbulkan VOC kesusahan di bagian finansial.


    4. Persaingan dengan kongsi bisnis bangsa lain


    VOC wajib bersaing dengan kongsi bisnis lain, semacam EIC ataupun east indian company kepunyaan Inggris ataupun CDI ataupun Compagnie des indies kepunyaan Portugis


    5. Pengeluaran sangat besar


    Pengeluaran VOC terus menjadi besar sebab mendanai perang, berebut dominasi perdagangan, meluaskan kekuasaan ataupun melawan perlawanan orang dari bermacam wilayah.


    6. Bertumbuhnya paham liberalisme


    Mengerti liberalisme juga bertumbuh cepat di Belanda, Akhirnya dominasi perdagangan yang diaplikasikan VOC tidak lagi cocok serta tidak bisa diteruskan. Tantangan apalagi berawal dari orang Belanda sendiri buat memohon VOC dibubarkan.


    7. Pendudukan prancis kepada negara Belanda tahun 1795.


    prancis mempunyai kompetitor penting yakni Inggris yang terletak di Indonesia. Dalam bagan meluaskan jajahannya di Asia Tenggara, tubuh semacam VOC tidak bisa diharapkan sangat banyak akibatnya VOC kesimpulannya dibubarkan.



    8. Pemberian dividen yang sangat besar pada pemegang saham


    Pemberian dividen yang besar meski dikenal kalau upaya mereka hadapi kemunduran. juga jadi aspek pemicu kemunduran VOC. dividen merupakan sisa profit menanamkan modal. kalau siklus finansial lagi surplus, hingga pemberian dividen itu tidak jadi permasalahan, namun dikala diserahkan dalam situasi industri lagi puntung, hingga berpotensi membuat industri bangkrut


    9. Terdapatnya pergantian politik di negeri Belanda sehabis berdirinya Republik Batavia pada tahun 1795. 





    Pendiri VOC 

    Johan van Oldenbarnevelt merupakan kewarganegaraan Belanda yang mempunyai peran sangat penting dalam memperjuangkan Belanda untuk meraih kemenangan dari Spanyol pada saat itu. Dia merupakan salah satu pendiri perusahaan dagang terbesar pada saat itu sekitar 20 Maret 1602.



    Faktor Internal kemunduruan VOC

    Terjadi penggelapan di seluruh tingkat level birokrasi, mulai dari karyawan sampai pemimpin besar VOC. Beberapa karyawan VOC turut serta dalam aktivitas perdagangan bumbu untuk kebutuhan individu. Perdagangan hitam yang menggila yang menerobos dominasi perdagangan VOC. Anggaran pengeluaran buat para karyawan sangat besar sebab terus menjadi meluasnya kewenangan VOC. VOC menanggung bayaran perang yang besar yang dipakai buat mengatasi perlawanan orang. 



    Hak-hak istimewa VOC


    • Hak monopoli


    Monopoli merupakan kekuasaan satu pedagang yang memahami pasar sehingga harga beberapa barang bisa dikendalikan oleh mereka. VOC berkuasa untuk memonopoli perdagangan dengan metode apapun, termasuk merusak kerajaan- kerajaan lokal untuk mendapatkan atasan yang menunjang monopoli VOC.


    Dominasi ini bisa dicoba mulai dari Tanjung keinginan( Afrika Selatan) hingga dengan Selat Magelhaens( selat di akhir selatan Benua Amerika) di semua area VOC.


    Sebagian kebijaksanaan VOC terikat monopoli merupakan:


    Verplichte Leverranties

    Penyerahan harus hasil alam dengan harga yang sudah diresmikan oleh VOC. Orang tani tidak bisa menjual hasil alam selain terhadap VOC.


    Pelayaran Hongi

    Pelayaran dengan perahu untuk memantau penerapan dominasi perdagangan VOC serta menangani pelanggarannya di Maluku.


    • Hak kedaulatan( soevereiniteit)


    VOC berdiri selaku perpanjangan tangan negeri Belanda. akibatnya kongsi bisnis ini diserahkan wewenang seperti suatu negara. Hak- hak ini diserahkan buat memudahkan usaha memahami perdagangan lewat kebijakan- kebijakan yang bersifat politis. 

    Hak independensi yang dipunyai VOC antara lain merupakan:


    1. Mempunyai angkatan perang sendiri
    2. Mengecap serta mendistribusikan duit sendiri yang bisa berperan tanpa wajib angkat tangan pada Kerajaan Belanda
    3. Melaporkan perang serta perdamaian tanpa wajib memohon persetujuan Raja ataupun Istri raja Belanda
    4. Meregang serta mendiami wilayah asing di luar Belanda
    5. Memungut pajak 



    Tujuan Dibentuknya VOC

    Tujuan dibentuknya VOC antara lain untuk menjauhi kompetisi yang tidak kondusif antara sesama golongan atau kongsi orang dagang Belanda yang sudah ada, dan menguatkan peran Belanda dalam mengalami persaingan dengan para orang dagang negeri lain. VOC dipandu oleh suatu badan yang beranggotakan 17 orang, akibatnya dituturkan“ Dewan 7 Belas”( de Heeren XVII). Mereka terdiri dari 8 perwakilan kota dermaga bisnis di Belanda.


    Untuk memahami perdagangan di wilayah Asia. Tetapi di dikala yang sesuai di pihak Spanyol serta Portugis dengan cara rukun bersatu untuk melawan kekuasaan perdagangan Belanda di Asia. Istimewanya, VOC meski suatu kongsi bisnis, tetapi mempunyai hak eksklusif, salah satunya hak mempunyai angkatan ataupun gerombolan tentara.



    Demikian artikel kami tentang :

    9 Faktor Penyebab Kemunduran VOC

    close