Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah adalah

Di era super modern ini kita harus bisa mengolah pola pikir, agar bagaimana caranya untuk bisa mengembangkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita. Dengan pemikiran yang kreatif bisa kita jadikan lahan sumber keuntungan, wirausaha kerajinan bahan limbah adalah salah satu contohnya.


Jika anda merupakan seseorang yang tergolong kreatif, tidak salahnya anda mencoba usaha kewirausahaan ini. Berwirausaha ini bisa dilakukan oleh siapa pun, asalkan orang tersebut mempunyai niat dan tekad untuk menggelutinya. Maka tidak menutup kemungkinan usaha yang dijalaninya bisa sukses.


Berwirausaha kerajinan bahan limbah merupakan termasuk salah satu jenis usaha yang terbilang cukup unik, karena usaha ini tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Selain bisa bermanfaat untuk manusia, usaha ini juga sangat bermanfaat bagi lingkungan. Karena, dalam proses pengolahan kerajinan limbah berarti kamu memanfaatkan sampah atau limbah yang ada disekitar anda.


Meski begitu, jika kamu ingin terjun di usaha ini tentu harus memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk mengolah limbah tersebut.

Jadi, apa sih yang dimaksud dengan kerajinan dari bahan limbah?


wirausaha kerajinan bahan limbah adalah


Pengertian kewirausahaan

Ada banyak versi dalam pengertiannya, tetapi secara umum dan meluas Kewirausahaan adalah suatu sikap atau kemampuan seseorang untuk melakukan atau menciptakan sesuatu hal yang baru dan mempunyai keunikan sendiri yang dibuat secara kreatif dan inovatif yang dapat menghasilkan manfaat bagi orang lain dan mempunyai nilai tambah pada produk yang dihasilkan tersebut.


Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) saat ini Kewirausahaan memiliki arti yang sama dengan wiraswasta. Adapun bunyinya seperti ini : Kewirausahaan adalah orang yang pandai atau berbakat dalam mengenali produk baru, serta menentukan cara memproduksi dan menyusun operasi untuk pengadaan produk tersebut, mampu memasarkannya dam dapat mengatur dan mengelola pengeluaran produksi.


Berikut ini, contoh soal prakarya tentang "wiraswasta kerajinan dan bahan limbah berbentuk bangun datar"

1. Sebuah sampah atau limbah basah yang berasal dari makhluk hidup sering dipakai dalam kerajinan limbah disebut dengan sampah apa? 

A. Organik
B. Keluarga
C. Kering
D. Nonorganik
E. Pabrik

Jadi jawaban yang paling benar adalah (A). Organik

2. Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah

A. Proses dinamis untuk menciptakan tambahan kemakmuran dari limbah
B. Pegawai atau karyawan kantor serta para UKM
C. Kegiatan untuk menimbun limbah atau sampah yang dijual ke sentral industry maupun pabrik
D. Pekerjaan yang kasar dan sangat melelahkan dalam pembuatan kerajinan dari bahan yang cukup keras
E. Mereka yang hanya ikut-ikutan membuat kerajinan ini saja

Jawaban ini merupakan yang paling benar adalah (A). Proses dinamis untuk menciptakan tambahan kemakmuran dari limbah

3. Di bawah ini yang bukan informasi penting bagi seorang wiraswasta kerajinan bahan limbah berbentuk bangun datar yaitu

A. Banyaknya karyawan yang bekerja
B. Keinginan para konsumen terhadap suatu produk
C. Kondisi rivalitas dalam 2 bisnis
D. Area usaha yang dihadapi
E. Kesempatan pasar yang mampu diraih

Jawaban yang paling benar adalah (B). Keinginan para konsumen terhadap suatu produk

Kesimpulan :

Informasi sangatlah penting bagi seorang wirausahawan, antara lain banyaknya karyawan yang bekerja, Kondisi rivalitas dalam 2 bisnis, Area usaha yang dihadapi dan kesempatan pasar yang mampu diraih.

4. Berikut ini yang bukan termasuk kepekaan terhadap seorang wirausahawan kerajinan bahan limbah dalam bentuk bangun datar terhadap lingkungannya adalah

A. Cerdas dalam hal bergaul
B. Identifikasi terhadap definisi lingkungan
C. Mempunyai kemauan yang besar buat menggali serta mengefisienkan sumber daya di daerah setempat
D. Rasa syukur atas segala yang diperoleh atau  dimiliki
E. Pintar memperhitungkan waktu

Jawaban yang paling benar adalah (D). Rasa syukur atas segala yang diperoleh atau dimiliki

Kesimpulan :

Karakteristik seseorang wirausahawan yang tanggap kepada lingkungannya, yakni pintar dalam berteman, identifikasi kepada definisi lingkungan, mempunyai kemauan yang besar untuk menggali serta mendayagunakan sumber- sumber ekonomi di area setempat serta pintar menghormati waktu. 

5. Di bawah ini merupakan salah satu tujuan kewirausahaan yaitu

A. Selaku generator pembangunan ekonomi
B. Menghasilkan kekuatan kerja baru
C. Membimbing penduduk supaya hidup sederhana
D. Memberikan beberapa contoh terhadap generasi muda untuk memulai bekerja
E. Meningkatkan jumlah wirausahawan yang berkualitas dan berdedikasi tinggi

Jawaban yang paling benar adalah (E). Meningkatkan jumlah wirausahawan yang berkualitas dan berdedikasi tinggi

Kesimpulan :

Tujuan Kewirausahaan adalah

  • Meningkatkan jumlah wirausahawan yang berkualitas dan berdedikasi tinggi
  • Meningkatkan kesadaran dan orientasi yang tangguh serta kuat kepada masyarakat
  • Membudayakan semangat, sikap dan perilaku saat bekerja dan 
  • Mewujudkan keinginan para wirausahawaan untuk terus menghasilkan demi memperoleh kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.


Jenis-jenis kerajinan Bahan Limbah

Kerajinan Bahan Limbah terdiri dari 2 jenis yang bisa di buat. Simak penjelasan di berikut ini :

1. Kerajinan Bahan Limbah berbentuk bangun datar

Sesuai dengan namanya, jenis kerajinan ini memanfaatkan limbah yang mempunyai permukaan datar dan yang tidak memiliki ruang. Hasilnya biasanya berbentuk 2 dimensi.

2. Kerajinan Bahan Limbah bangun ruang

Sedangkan untuk kerajinan bahan limbah bangun ruang merupakan kerajinan yang berbentuk ruang 3 dimensi. Sehingga, kamu bisa melihat dari segala sisi sudut.


Contoh kerajinan bahan limbah lunak

Dari segi output, di bawah ini merupakan contoh kerajinan bahan limbak lunak

  • Kain perca atau biasa sering disebut dengan keset
Kain perca merupakan kerajinan bahan limbah yang sangat umum digunakan, di mana kain perca  atau kain sisa dari pembuatan pakaian. Sehingga bahan ini banyak digunakan karena banyak berbagai corak yang membuat produk dari hasil pengolahan ulang kain ini mempunyai keunikan tersendiri. Anda bisa menggunakan kain perca untuk berbagai macam kebutuhan misalnya untuk keset atau taplak meja .


  • Kerajinan Bunga dari kulit Jagung
Sudah tidak asing lagi bukan mendengar limbah dari kulit jagung. Ya, limbah satu ini sangat mudah didapatkan disekitar kita maupun dipasar. Para wirausahawaan banyak yang memanfaatkan dari limbah kulit jagung untuk dijadikan segala macam pernak - pernik contohnya kerajinan bunga. Tidak hanya itu, kamu bisa juga membuat tas boneka dari limbah kulit jagung ini lhoo.


  • Kerajinan tas plastik bekas
Sesuai dengan namanya, bahan dasarnya menggunakan plastik bekas. Selain, sulit terurai limbah plastik juga bisa dimanfaatkan juga. daripada dibuang limbah plastik ini bisa digunakan untuk membuat tas juga lhoo. Bisa berguna dan bermanfaat bagi lingkungan. Sampah plastik, khususnya plastik bekas minuman sachet bisa anda ubah menjadi kerajinan tas dengan nilai yang sangat tinggi.

Dari pembahasan di atas kamu bisa memilih limbah apa yang akan kamu pakai agar bisa menjadi barang yang berguna dan tentunya bernilai. Yang paling utama adalah bagaimana cara kamu bisa mengolah kreativitasmu untuk menjadi barang yang baru dan terlihat lebih menarik. 

Demikian penjelasan tentang :

Wirausaha kerajinan bahan limbah

Semoga bermanfaat dan membuka pola pikir bagi kita semua.