Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan (Terlengkap)

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan - Mata pelajaran bahasa indonesia merupakan pelajaran yang wajib kita pelajari pada semua tingkat pendidikan, mulai SD, SMP maupun SMA.


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Terlengkap, sebelum memulai pembahasan kalian harus mengerti dahulu apa sih penegertian teks deskripsi itu?


Didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Teks Deskkripsi mempunyai arti penggambaran atau pemaparan dengan kata yang jelas dan terperinci.


Menurut beberapa tokoh, diantaranya Taufiqur Rahman menyebutkan kata deskripsi berasal dari bahasa latin yaitu describere yang berarti menggambarkan atau memberikan sesuatu hal dengan jelas.


Secara global Teks deskripsi merupakan suatu teks yang memaparkan atau menggambarkan suatu objek, peristiwa atau tempat tertentu dengan jelas dan terperinci, maka pembaca akan mengetahui alur cerita dari isi penulis melalui teks deskripsi tersebut.


Berikut contoh teks deskripsi tentang hewan

Contoh Teks Deskripsi Tentang Kelinci

contoh teks deskripsi tentang hewan


Kelinci adalah salah satu jenis hewan mamalia karena berkembangbiak dengan cara melahirkan, kelinci masih dalam famili leporidae. Hewan ini sangat mudah ditemukan dibelahan dunia, kelinci dikabarkan berasal dari Afrika hingga daratan Eropa yang hidup secara liar.


Di indonesia sendiri banyak sekali masyarakat yang mempelihara hewan ini, karena kelinci mempunyai bulu yang halus dan lembut terkesan hewan yang bersih. Dari segi makanan yang mudah didapat dan menggemaskan, merupakan salah satu faktor utama untuk mempelihara kelinci. 


Kelinci bisa juga menjadi hewan konsumsi jenis ini biasanya termasuk golongan kelinci pendaging bulunya tidak terlalu lebat, namun daging lumayan tebal. Berbeda dengan kelinci hias yang bulunya tebal dan lebih halus dagingnya tidak terlalu banyak.


Kelinci termasuk hewan herbivora yaitu pemakan sayuran terutama wortel. Mempunyai telinga yang panjang, tak heran ketika mendengar suara hentakan kaki seketika kelinci terdiam dan merasakan kearah mana suara tersebut berasal.



Contoh teks deskkripsi tentang kucing

Siapa yang tidak mengenal hewan yang lucu dan imut ini? Tubuhnya yang dipenuhi bulu-bulu halus ini terasa lembut saat dipegang. Walaupun kebanyakan waktu yang tersita dihabiskan untuk tidur, namun gerak-geriknya mengundang tawa bagi yang melihatnya.


Kucing dikenal sejak 6000 tahun lalu, bahkan menurut ahli arkeolog dahulu bangsa mesir sudah mengenal kucing untuk menjauhkan tikus yang sering mengganggu di area rumah maupun perkebunan.


Kucing memang salah satu menjadi pilihan untuk memiliki hewan peliharaan. Meskipun biaya perawatan yang dikeluarkan cukup mahal, Ini telah menjadi kewajiban bagi pemiliknya agar selalu senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatannya.


Ada beberapa jenis kucing yang bisa dijadikan ajang kontes, tentu biaya perawatan kucing kontes akan lebih mahal daripada jenis kucing rumahan yang relatif standar cara pemiliharaannya.


Contoh Teks Deskkripsi Tentang Gajah

Gajah merupakan hewan terbesar yang hidup sampai saat ini, hewan ini diketahui berasal dari Asia dan Afrika. Meski mempunyai tubuh yang besar dan lebar, gajah hanya memakan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti daun, rumput, dan buah sehingga biasa disebut dengan hewan herbivora.


Gajah mempunyai 4 kaki dan 1 ekor yang pendek, telinga yang sangat lebar serta mempunyai belalai dan gading yang panjang.


Hewan ini memilki warna kulit abu-abu yang ditumbuhi bulu yang tipis. Gajah hidup dengan cara berkelompok dan mereka menghabiskan hidupnya di dalam hutan, memiliki tubuh yang besar gajah dipercaya sebagai hewat terkuat meski tidak termasuk dalam hewan karnivora.


Contoh Teks Deskkripsi Tentang Monyet

Monyet merupakan termasuk dalam katehori hewan primata. Makanan yang paling disukai adalah pisang, tetapi kalau diberi kacang monyet juga tidak menolak. 


Dari segi postur monyet memiliki tubuh yang kecil dan mempunyai ekor yang sangat panjang. Badannya yang penuh dengan bulu dan berwarna cokelat kehitaman, monyet biasanya hidup secara kelompok. Tidak heran kalau bertemu monyet pasti ada kawanannya selalu ramai-ramai.


Hewan ini sering kali di miripkan dengan bentuk manusia dari segi tangannya, tak heran jika nama hewan ini sering digunakan sebagai bahan ejekan.


Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang :

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Semoga bermanfaat dan jaga kesehatan selalu.