Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Jurnal Umum dan Fungsinya

    Jelaskan Pengertian Jurnal Umum dan Fungsinya

    Pengertian Jurnal Umum

    Pengertian jurnal umum adalah sebuah jurnal yang dipakai untuk mencatat semua jenis bukti transaksi keuangan yang muncul dari semua transaksi keuangan suatu perusahaan dalam periode tertentu.

    Jurnal umum biasanya digunakan untuk mencatat berbagai aktivitas transaksi keuangan secara kronologis berdasarkkan tanggal dengan mencantumkan nama transaksi, kelompok akun, dan nominalnya pada kolom debit maupun kredit.

    Pengertian jurnal umum secara singkat adalah sebuah jurnal yang dipakai untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi dalam periode tertentu.

    Fungsi Jurnal Umum

    Jurnal umum memiliki 5 (lima) fungsi, yaitu fungsi historis, fungsi pencatatan, fungsi analisis, fungsi intruksi, dan fungsi informatif.

    Jurnal umum memiliki Fungsi Historis yaitu semua transaksi yang terjadi dicatat berdasarkan tanggal transaksi secara kronologis dan sistematis, untuk menggambarkan aktivitas perusahaan setiap hari secara berurutan dan terus menerus.

    Jurnal umum memiliki fungsi pencatatan yaitu semua transaksi yang terjadi dicatat dalam jurnal umum, untuk mengetahui perubahan modal, biaya, kekayaan, dan pendapatan, agar pembuatan laporan keuangan dapat dilakukan dengan baik.

    Jurnal umum memiliki fungsi analisis yaitu semua pencatatan transaksi merupakan hasil analisis transaksi berupa debit maupun kredit, meliputi penggolongan nama akun, pencatatan kredit maupun debit, dan jumlah atau besar transaksi.

    Jurnal umum memiliki fungsi intruksi yaitu proses memasukkan data ke buku keuangan tidak hanya sebatas dokumen transaksi, akan tetapi bersifat perintah atau petunjuk kredit maupun debit.

    Jurnal umum memiliki fungsi informatif yaitu semua hasil pencatatan transaksi perusahaan terdapa informasi dan penjelasan bukti pencatatan transaksi yang terjadi secara kronologis dan sistematis lengkap.
    Choirul Umam
    Choirul Umam Penulis, Konten Kreator, Desainer Grafis, Editor Foto dan Video
    close