Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan : Apa yang Dimaksud dengan Distribusi?

Penjelasan : Apa yang Dimaksud dengan Distribusi?
Apa Yang dimaksud dengan distribusi adalah menyalurkan suatu produk baik barang atau jasa dari produsen ke konsumen sehingga produk tersebar luas dan dapat dibeli oleh konsumen yang membutuhkan.

Distribusi juga bisa disebut sebagai kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk memudahkan proses penyampai produk dari produsen kepada konsumen.

Distribusi adalah bagian dari proses pemasaran yang memberikan nilai tambah pada produk melalui berbagai fungsi seperti, utilitas, tempat, waktu, dan hak kepemilikan produk.

Dalam kegiatan distribusi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya jumlah produk, sifat produk, luas daerah, sarana angkutan, sarana komunikasi, faktor perusahaan, faktor biaya dan kondisi pasar.

Secara umum terdapat empat fungsi utama kegiatan distribusi, yaitu pembelian, klasifikasi, promosi, dan penyaluran.

Tujuan Distribusi 

  • Kesinambungan aktifitas pembuatan dapat terjamin                                                                    Produsen maupun industri menciptakan peralatan untuk dijual serta memperoleh sesuatu keuntungan dari hasil pemasaran yang kembali dipakai untuk suatu cara penciptaan dimana manfaat itu diperoleh apabila ada agen.
  • Benda ataupun Pelayanan Hasil Penciptaan bisa berguna untuk konsumen                                  Benda ataupun pelayanan penciptaan tidak hendak terdapat maksudnya apabila senantiasa terletak di tempat produsen. Benda ataupun pelayanan dapat berguna untuk pelanggan apabila telah terdapat aktivitas penyaluran.
  • Untuk menjamin kelangsungan aktivitas produksi dan menjamin produk diterima dengan baik oleh konsumen.
  • Pelanggan Mendapatkan Benda serta Pelayanan dengan Mudah                                                 Tidak seluruh benda ataupun pelayanan dapat dibeli langsung pelanggan dari produsen dimana perihal ini menginginkan agen ataupun penyaluran dari produsen ke pelanggan.

Jenis Distribusi

Distribusi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu distribusi langsung dan distribusi tidak langsung.

  • Distribusi Langsung
adalah aktivitas distribusi ataupun pemasaran benda yang dicoba dengan cara langsung oleh produsen ke pelanggan yang dicoba tanpa perantara.

  • Distribusi Tidak Langsung
adalah aktivitas distribusi ataupun pemasaran benda dari produsen pada pelanggan lewat perantara. Perantara yang ikut serta aktivitas jual beli ialah orang dagang, agen, perantara, serta komisioner.


Distribusi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. Namun selain itu, ada juga jenis distribusi intensif, selektif, dan eksklusif.

Pelaku distribusi dalam kegiatan ekonomi antaralain pedagang, agen, makelar, eksportir, importir, dan komisioner.


Contoh Distribusi

  1. Pedagang itu menjual berbagai macam barang, seperti radio bekas dan televisi bekas
  2. Bapak Markus mempunyai perusahaan krupuk, biasanya bapak Markus menitip kan krupuk ke toko terdekat rumahnhya
  3. Bapak sedang membersihkan kipas angin di rumah pak haji
  4. Agen beras Makmur jaya menyalurkan beras nya di Toko Ibu Adi


Demikian penjelasan tentang : 
Apa yang Dimaksud dengan Distribusi?
Semoga bermanfat.
Choirul Umam
Choirul Umam Penulis, Konten Kreator, Desainer Grafis, Editor Foto dan Video
close